KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA NELAYAN DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Zuhratul, Nurul Wahidah (2022) KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAHTANGGA NELAYAN DI KECAMATAN LABUHAN HAJI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_ZUHRATULNURULW_KONTRIBUSIPENDAPATANPEREMPUANTEHRADAPPENDAPATANRUMAHTANGGANELAYANDIKEC.LB.HAJIKAB.LOMBOKTIMUR_0122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nelayan selalu identik dengan kemiskinan, untuk itu diperlukan peran istri atau perempuan nelayan yang bisa membantu perekonomian keluarga nelayan. Kontribusi pendapatan perempuan sebesar apapun bisa membantu memenuhi kebutuhan perekonomian rumah tangga. Dalam penelitian ini, tujuan yang ditetapkan adalah (1) Untuk mengetahui sumber-sumber kegiatan produktif perempuan keluarga nelayan di kecamatan Labuhan Haji.; (2) Untuk menganalisis kontribusi pendapatan perempuan terhadap pendapatan rumah tangga nelayan.; (3) Untuk mengetahui curahan kerja perempuan nelayan yang digunakan dalam kegiatan produktif. (4) Untuk mengidentifikasi kendala-kendala apa saja yang dihadapi perempuan nelayan dalam melakukan pekerjaan guna menambah pendapatan rumah tangga nya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan purposive sampling dengan pertimbangan desa yang memiliki jumlah rumah tangga nelayan yang terbanyak yaitu Desa Kertasari, Desa Suryawangi dan Desa Labuhan Haji. Penentuan jumlah responden menggunakan proporsional sampling dan pemilihan responden menggunakan accidental sampling. Unit analisis pada penelitian ini adalah rumah tangga nelayan di kawasan Kecamatan Labuhan Haji. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan variabel terikatnya adalah hasil tangkapan dan jenis ikan, variabel bebasnya adalah biaya tetap, biaya variabel, biaya tenaga kerja, pendapatan suami dari sektor perikanan, pendapatan suami dari sektor non perikanan, pendapatan istri dari sektor perikanan,pendapatan istri dari sektor non perikanan, pendapatan anak, jam kerja, kendalakendala. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa (1) Sumber pendapatan perempuan nelayan berasal dari pendapatan bidang perikanan dan bidang non perikanan. Pendapatan bidang perikanan didapat dari menjual ikan dan pada non perikanan adalah menjual obat, sayur-sayuran, warung nasi, buruh cuci baju dan menjual jajanan.; (2) Kontribusi pendapatan perempuan terhadap pendapatan rumah tangga nelayan yaitu sebesar Rp. 2.031.492 per bulan atau 26,52% dari total pendapatan rumah tangga nelayan yang berjumlah Rp. 7.428.313 di Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur.; (3) Rata-rata curahan waktu perempuan nelayan terhadap rumah tangga nelayan adalah 27,77 HKO perbulan untuk kegiatan produktif; (4) Kendala yang ditemui perempuan nelayan diantaranya adalah, modal kurang sebesar 53,3%, pemasaran yang terbatas sebesar 26,7%, kurangnya bahan baku yang tersedia sebesar 20%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : kontribusi, pendapatan, perempuan nelayan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:20
Last Modified: 15 Feb 2022 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27768

Actions (login required)

View Item View Item