PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA

ELA, LATIFA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ela Latifa....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menentukan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Penelitian ini menggunakan desain 4D yang dibatasi menjadi tiga tahapan yaitu define, design, dan depelovement. Sampel untuk uji coba dalam penelitian ini adalah 30 siswa X SMAN 1 Narmada yang diambil menggunakan tehnik simple random sampling terdiri atas 15 siswa X MIPA 3 dan 15 siswa X MIPA 4. Hasil penilaian kevalidan oleh ketiga validator menggunakan indeks Aiken V diperoleh nilai V= 0,79 yang menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual pada materi ikatan kimia valid untuk diujicobakan. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa yang menunjukkan rata-rata kepraktisan untuk semua komponen sebesar 89% yang berarti bahwa video pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Sementara itu, video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara signifikan yang ditunjukkan dengan hasil uji-t ( = 1,701) dan nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen 0,62 kelas kontrol yaitu 0,37.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, video pembelajaran, ikatan kimia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 00:22
Last Modified: 15 Feb 2022 00:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27795

Actions (login required)

View Item View Item