FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN IKAN NILA OLEH RUMAH TANGGA DI KOTA MATARAM

Amalia, Sagita Putri (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN IKAN NILA OLEH RUMAH TANGGA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Amalia Sagita Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan ikan nila oleh rumah tangga di Kota Mataram ? 2) Bagaimana tingkat elestisitas permintaan ikan nila oleh rumah tangga di Kota Mataram ?Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang (Nazir, 2011). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei yaitu data yang dikumpulkan dari responden dengan wawancara langsung berdasarkan daftar pertanyaan yang telah disediakan. Penelitian ini dilaksanakan di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Ampenan, Mataram dan Selaparang. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive sampling atas pertimbangan bahwa ketiga Kecamatan tersebut memiliki jumlah penduduk terbanyak dibandingkan Kecamatan yang lainnya. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah konsumen (rumahtangga) yang melakukan pembelian ikan nila Penentuan jumlah responden ditentukan secara "quota sampling" yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah atau jatah yang telah ditentukan, dimana setiap Kecamatan diambil masing-masing 15 responden sehingga jumlah responden seluruhnya adalah 45 responden. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara "accidental sampling". Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sudah populer di Negara indonesia Ikan Nila banyak di temui di supermarket,pasar tradisional bahkan di restoranrestora Ikan Nila sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu ikan nila merah, ikan nila hitam,ikan nila serikandi, ikan nila gesit, ikan nila sila best dan ikan nila gift.Ada berbagai manfaat ikan nila. Manfaat-manfaat tersebut, tentunya bersumber dari nutrisi yang dikandungnya. Dalam 100 gram ikan nila, terkandung sekitar 26 gram protein dan hanya 128 kalori.Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sebab, ikan nila rupanya juga kaya akan niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Berikut ini kadar lengkap vitamin dan mineral yang terkandung dalam sekitar 100 gram ikan nila. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah konsumen (rumahtangga) yang melakukan pembelian ikan nila Penentuan jumlah responden ditentukan secara "quota sampling" yaitu pengambilan sampel berdasarkan jumlah atau jatah yang telah ditentukan, dimana setiap Kecamatan diambil masingmasing 15 responden sehingga jumlah responden seluruhnya adalah 45 responden. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara "accidental sampling". Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Harga ikan nila, pendapatan, harga ikan lain, pekerjaan dan etnis secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan ikan nila harga ikan nila,pendapatan,jumlah anggota keluarga,harga ikan lain ,pekerjaan dan etnis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap permintaan ikan nila pada rumah tangga di Kota Mataram . (2) Harga ikan nila pada rumah tangga di kota mataram bersifat inelastis,dengan koefesien sebesar -0,145. Jumlah permintaan ikannila mengalamipersentase perubahamerupakan nharga,ikan lain merupakan barang kompelementer pada rumah tangga di kota mataram dengan nilai elastisitas silang untuk harga ikan lain sebesar -0,022. Saran dalam penelitian ini adalah : (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan ikan nila pada rumah tangga sangat dipengaruhi oleh jumlah anggota keluarga dalam rumah tangga. Oleh karena itu instrumen kebijakan yang dapat diambil pemerintah adalah dengan menjaga pasokan ikan di pasar sehingga harga ikan nilatetap terjaga agar jika terjadi peningkatan populasi maka persediaan ikan nila terjaga. (2) Untuk menjamin pasokan ikan di pasar diperlukan peningkatan efektifitas distribusi ikan berupa pengembangan sarana prasarana distribusi dan infrastruktur sehingga ketersediaan ikan yang tinggi pada daerah-daerah produksi dapat disalurkan ke daerahdaerah yang jauh dari sentra produksi. Kebijakan diluar intervensi harga dan pendapatan seperti promosi dan edukasi yang dapat merubah selera dan menggeser permintaan diperlukan untuk meningkatkan konsumsi ikan olahan mengingat permintaanya cenderung inelastis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Ikan Nilaa, Konsumen Rumah Tangga, Permintaan, Pendapatan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:01
Last Modified: 15 Feb 2022 07:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27833

Actions (login required)

View Item View Item