KEANEKARAGAMAN JENIS SERANGGA DAN POTENSINYA SEBAGAI PENYEBAB GANGGUAN PENERBANGAN DI BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID

ADE, RIZKY ANANDA (2022) KEANEKARAGAMAN JENIS SERANGGA DAN POTENSINYA SEBAGAI PENYEBAB GANGGUAN PENERBANGAN DI BANDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI ADE RIZKY ANANDA FIX (Repaired) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Serangga merupakan hewan yang memiliki keanekaragaman jenis yang paling melimpah di dunia. Keberadaannya dapat menguntungkan bahkan merugikan, salah satunya dalam bidang penerbangan. Serangga dapat berpotensi mengakibatkan gangguan penerbangan. Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) merupakan salah satu bandara yang terletak di Desa Tanaq Awu, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. BIZAM merupakan salah satu bandara yang terdampak akibat keberadaan habitat serangga di sekitarnya. Pengambilan data digunakan dengan metode transek dan jelajah menggunakan alat Sweep Net, Pitfall Trap dan Light Trap untuk dapat memperoleh keanekaragaman jenis serangga di habitat yang ada di area bandara seperti padang rumput, pohon-semak dan bangunan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 89 jenis serangga yang berada di kawasan BIZAM yang tergolong dalam 55 famili dan 11 ordo yang tersebar di berbagai habitat. Jenis Delta sp. tergolong serangga yang melimpah keberadaanya di area bandara yaitu mencapai 20 % dan serangga yang kelimpahannya sedikit berkisar di bawah 1 %. Serangga yang berada di kawasan bandara dibagi menjadi serangga yang berpotensi mengakibatkan gangguan penerbangan secara langsung dan tidak langsung. Gangguan penerbangan secara langsung diakibatkan oleh serangga dari famili Vespiidae, Spheciidae, Formicidae, Gryllidae dan jenis Apis sp. Sementara itu serangga yang berpotensi mengakibatkan gangguan penerbangan secara tidak langsung berperan sebagai mata rantai dan mengundang hewan liar untuk memasuki area bandara seperti burung, katak, tikus dan hewan pemakan serangga lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: BIZAM, gangguan penerbangan, keanekaragaman serangga
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:17
Last Modified: 23 Feb 2022 05:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27918

Actions (login required)

View Item View Item