STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA STROBERI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARIWISATA DI DESA SEMBALUN BUMBUNG, KECAMATAN SEMBALUN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Wingka, Ayuliana (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA STROBERI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PARIWISATA DI DESA SEMBALUN BUMBUNG, KECAMATAN SEMBALUN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINGKA AYULIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Wisata Stroberi Sebagai Upaya Peningkatkan Pariwisata di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur” Desa Sembalun Bumbung memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan salah satunya adalah agrowisata stroberi yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat serta dapat meningkatkan pariwisata di Desa Sembalun Bumbung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan wisata stroberi sebagai upaya peningkatan pariwisata dan faktor pendorong serta faktor penghambat dalam strategi pengembangan wisata stroberi di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dianalisis menggunakakan teori pilihan rasional yang dikemukakan oleh James S. Coleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah masyarakat Desa Sembalun Bumbung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi lapangan dan hasil dokumentasi. Teknik analiss data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sembalun Bumbung dalam pengembangan wisata stroberi terdiri dari memberikan kenyamanan kepada pengunjung melalui fasilitas-fasilitas yang disediakan, promosi melalui sosial media, menanam bunga di antara stroberi-stroberi yang ditanam, petani memberikan informasi kepada setiap wisatawan yang berkunjung tentang cara budidaya tanaman stroberi, Petani stroberi melakukan kerja sama dengan pemuda dan masyarakat. Faktor pendorongnya seperti: Infrastruktur berupa akses jalan yang semakin mudah, Media sosial untuk memudahkan promosi, cuaca yang secara alami yang cocok untuk budidaya stroberi, pemandangan alam. Sedangkan faktor penghambatnya adalah perubahan cuaca, petani belum mengenal dan menerapkan teknologi, peberapa tempat wisata stroberi belum memiliki akses jalan yang bagus, PPKM, hama, belum adanya sosialisasi atau pelatihan khusus terkat pengembangan wisata stroberi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Strategi, Pengembangan Wisata Stroberi, Pariwisata
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Mar 2022 23:42
Last Modified: 01 Mar 2022 23:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28035

Actions (login required)

View Item View Item