AKTIVITAS MEDIA RELATIONS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM DALAM SOSIALISASI PROGRAM CALL CENTRE 112 DI KOTA MATARAM

Putu Raina Yudanti, Ni (2022) AKTIVITAS MEDIA RELATIONS DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MATARAM DALAM SOSIALISASI PROGRAM CALL CENTRE 112 DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Ni Putu Raina Yudanti update.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan salah satu instansi pemerintah yang mempunyai tugas untuk menyampaikan informasi kepada publik untuk membantu masyarakat melalui program-program yang dimiliki dengan melakukan sosialisasi. Salah satu program yang dimiliki Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram dalam penanganan darurat adalah program call centre 112 yang dikelola oleh Kemenkominfo. Call centre 112 memberikan bantuan kepada masyarakat pada saat keadaan gawat darurat kecelakaan, kebakaran, pohon tumbang. Panggilan keluar call centre digunakan untuk telemarketing, clientele, dan debt collection pun dapat dilakukan. Sebagai tambahan untuk call centre, bahwa penanganan secara kolektif untuk surat, fax, dan email dalam sebuah lokasi lebih sering disebut dengan contact centre. Penelitian ini berjudul Aktivitas Media Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Mataram Dalam Sosialisasi Program Call Centre 112 Di Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan aktivitas media relations. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 informan utama dan 6 informan pendukung. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitiann ini menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram melakukan aktivitas media relations dalam sosialisasi program call centre 112 di kota mataram dengan pengiriman siaran pers, konferensi pers, media visit, dan wawancara khusus. Kendala yang dihadapi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram yaitu, kurang banyaknya media yang memuat berita tentang program call centre 112 dan masih kurangnya biaya dalam pengadaan sosialisasi call centre 112.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Media relations, Call Centre 112, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:07
Last Modified: 07 Mar 2022 01:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28090

Actions (login required)

View Item View Item