IMPLIKASI KESENJANGAN DIGITAL TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (Studi Kasus Pada Kelompok Budidaya Lebah Madu Trigona di Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara)

ELISIAWATI, ELISIAWATI (2022) IMPLIKASI KESENJANGAN DIGITAL TERHADAP PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (Studi Kasus Pada Kelompok Budidaya Lebah Madu Trigona di Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Elisiawati_L1B018035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implikasi Kesenjangan Digital Terhadap Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa (Studi Kasus Pada Kelompok Budidaya Lebah Madu Trigona di Desa Salut, Kabupaten Lombok Utara)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi kesenjangan digital terhadap pengembangan ekonomi kelompok budidaya lebah madu trigona di Desa Salut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method atau campuran, dengan subjek penelitian adalah kelompok budidaya lebah madu trigona di Desa Salut yang terdiri dari kelompok Harapan Keluarga, kelompok Wanita Tani Mekar, kelompok Sari Kembang, dan kelompok Tunas Muda. Objek dalam penelitian ini adalah implikasi kesenjangan digital terhadap pengembangan ekonomi kelompok budidaya lebah madu trigona di Desa Salut. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 4 informan untuk memberikan data kualitatif dan 53 responden untuk memberikan data kuantitatif. Peneliti menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan survey untuk mendapatkan data. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Cresswell. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa kelompok budidaya lebah madu trigona di Desa Salut mengalami fenomena kesenjangan digital. Faktor penyebab kesenjangan digital pada akses motivasi dan sikap memiliki persentase terendah. Sementara itu, kesenjangan digital pada akses material dan fisik menjadi faktor penyebab kesenjangan digital tertinggi. Kesenjangan digital yang dialami kelompok budidaya lebah madu trigona berimplikasi terhadap aktivitas produksi konten dan distribusi produk. Produksi konten yang tidak maksimal membuat kurangnya informasi bagi konsumen. Sedangkan pada distribusi produk yang tidak memaksimalkan penggunaan teknologi digital membuat sempitnya jangkauan pasar dari produk madu trigona. Kesenjangan digital yang berimplikasi pada aktivitas produksi konten dan distribusi produk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sehingga mempengaruhi pendapatan kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Teknologi digital, Kesenjangan digital, pengembangan ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:08
Last Modified: 07 Mar 2022 01:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28091

Actions (login required)

View Item View Item