PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 2 SEMBALUN

ZAINUL MINAN, MUH. (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 2 SEMBALUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUH ZAINUL MINAN_E1B017032 (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Abad ke-21 ditandai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan begitu cepat. Perkembangan tersebut juga menyentuh segala sisi kehidupan termasuk pada sektor pendidikan ditandai dengan adanya model pembelajaran blended. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran blended terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Sembalun, 2) Untuk mengetahui Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Sembalun, dengan model pembelajaran blended, 3) Untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Blended terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Sembalun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi ekperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu keseluruhan dari jumlah siswa pada kelas VIII di SMP Negri 2 Sembalun yang terdiri dari 3 kelas dan Sampelnya menggunakan 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Oservasi dan tes. Tehnik tes dilakukan dengan pretest dan posttest Adapun analisis data dilakukan dengan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji pengaruh dilakukan dengan uji hipotesis dengan mengunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran blended dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dan disesuaikan dengan komponen dasar pembelajaran blended. Hasil belajar dikelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dibuktikan dengan didapat nilai rata rata kelas ekperiment (0,36) masuk katagori sedang. Dan didapat nilai rata rata kelas kontrol (0,12) masuk katagori rendah. Dan terdapat adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan diterapkanya model pembelajaran blended. Dibuktikan dengan hasil uji-t pada taraf signifikansi 5% Dimana hasilnya Terdapat thitung > nilai ttabel (3,54>2,048)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model pembelajaran blended, Hasil Belajar, dan PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:47
Last Modified: 09 Mar 2022 03:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28143

Actions (login required)

View Item View Item