KANDUNGAN NDF DAN ADF BEBERAPA JENIS MURBEI (MORUS SP) YANG DITANAM PADA TANAH REGOSOL DI KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH

IKE, RATNAH (2022) KANDUNGAN NDF DAN ADF BEBERAPA JENIS MURBEI (MORUS SP) YANG DITANAM PADA TANAH REGOSOL DI KECAMATAN PRINGGARATA LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IKE RATNAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang kandungan NDF dan ADF Beberapa Jenis Murbei (Morus Sp) Yang Ditanam Pada Tanah Regosol di Kecamatan Pringgarata Lombok Tengah telah dilakukan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Mataram. Jenis Murbei Sp. Yang digunakan dalam penelitian ini adalah Murbei Cathayana. Murbei Alba, Murbei Nigra. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode random sampling. Dalam penelitian ini parameter yang diukur adalah kandungan NDF (Neutral Detergen Fiber) dan ADF () Murbei Sp. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan perhitungan mean yang di uji dengan metode T-tes atau rata-rata hitung. Berdasarkan hasil yang didapatkan pada penelitian ini kandungan ADF murbei jenis Alba (13,95), Cathayana (15,41), dan Nigra (16,06). Sedangkan kandungan NDF pada murbei jenis Alba (39,97), Cathayana (44,43), dan Nigra (43,39). Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan yang nyata (P<0.05) bahwa kandungan NDF Alba dan ADF Alba merupakan kualitas kandungan yang terbaik, dimana semakin rendah kandungan NDF dan ADF pada suatu tanaman maka semakin baik untuk dijadikan pakan ternak. Kandungan NDF dan ADF dari beberapa jenis Murbei Alba lebih rendah dibandingkan dengan Cathayana dan Nigra. Kandungan NDF pada jenis murbei Cathayana dan Nigra perbedaannya tidak berbeda nyata. Kandungan ADF pada jenis murbei Alba, Cathayana dan Nigra menunjukan perbedaan yang nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: murbei Alba, Cathayana, Nigra, kandungan NDF dan ADF.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Mar 2022 03:48
Last Modified: 09 Mar 2022 03:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28149

Actions (login required)

View Item View Item