PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 MATARAM

BONEFASIA, YUNITA SEBATU (2022) PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (Bonefasia Yunita Sebatu) Selesai Lngsung Print.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan kemampuan menulis teks eksposisi siswa laki-laki dan perempuan pada pembelajaran daring (online) kelas VIII di SMP Negeri 4 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif menggunakan metode simak bebas libat cakap. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil; (1) aspek struktur teks siswa laki-laki memperoleh jumlah skor 1.780 dengan nilai rata-rata 74,16, sedangkan siswa perempuan memperoleh jumlah skor 1.896 dengan nilai rata-rata 79,00. (2) Aspek kaidah kebahasaan teks siswa laki-laki memperoleh jumlah skor 1.222 dengan nilai rata-rata 50,93, sedangkan siswa perempuan memperoleh jumlah skor 1.330 dengan nilai rata-rata 55,43. (3) Nilai tertinggi siswa laki-laki adalah 90,00 dan nilai tertinggi siswa perempuan adalah 90,00. Nilai terendah siswa laki-laki adalah 35,00 dan nilai terendah siswa perempuan adalah 38,00. Berdasarkan penelitian tersebut, maka ditarik kesimpulan bahwa aspek kaidah kebahasaan lebih sedikit penggunaannya daripada aspek struktur teks eksposisi. Tingkat pemahaman siswa terkait aspek struktur teks tidak menjamin siswa tersebut dapat memahami piranti kebahasaan yang digunakan pada teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci:Kemampuan Menulis, Teks Eksposisi, Pembelajaran Daring (Online).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:29
Last Modified: 14 Mar 2022 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28309

Actions (login required)

View Item View Item