ANALISIS GEMPA DINAMIK RESPON SPEKTRUM DAN DINAMIK RIWAYAT WAKTU (TIME HISTORY) YANG BERDIRI DI ATAS TANAH MIRING PADA GEDUNG DI WILAYAH SENGGIGI LOMBOK BARAT

PRATAMA, PUTRA PRIBADI (2022) ANALISIS GEMPA DINAMIK RESPON SPEKTRUM DAN DINAMIK RIWAYAT WAKTU (TIME HISTORY) YANG BERDIRI DI ATAS TANAH MIRING PADA GEDUNG DI WILAYAH SENGGIGI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MAKALAH TUGAS AKHIR - Pratama Putra Pribadi F1A015103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Lombok merupakan daerah tujuan pariwisata kedua setelah Bali yang ada di Indonesia. Banyaknya para wisatawan datang ke Lombok menikmati pesona alamnya. Ini menjadi tantangan bagi pemerintah setempat untuk mengembangkan infrastruktrur dan menggunakan lahan yang ada, terutama membangun struktur di atas tanah miring. Akan tetapi, Indonesia merupakan daerah rawan gempa karena letak geografisnya berada diantara dua lempeng. Analisa pembebanan gempa dapat dilakukan dengan metode analisa dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu yang dimana keduanya sama-sama memiliki prinsip dinamik akan tetapi metode pemasukan gempanya berbeda. Analisa dinamik respon spektrum menggunakan nilai respon spektrum disain yang sudah disediakan oleh daerah setempat sedangkan dinamik riwayat waktu menggunakan rekaman catatan gempa di tempat tersebut berupa akselerogram. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu diatas tanah miring. Dalam analisis ini gedung di rencanakan berada di Senggigi karena memiliki lahan berkontur. Untuk melihat hasil perbandingan, maka ditinjau dengan merencanakan gedung 10 tingkat dengan derajat kemiringan 0, 10, 20 dan 30 derajat. Gedung yang di rencanakan akan dianalisa dengan respon spektrum daerah Senggigi dengan kondisi tanah lunak dan dinamik riwayat waktu dengan menggunakan tiga data catatan gempa yang di peroleh dari situs PEER Berkeley yaitu berupa akselerogram gempa Imperial Valley 1979, Loma Prieta 1989 dan Northridge 1994 yang kemudian akan diskalakan dengan spektrum respon Senggigi. Pada analisis ini menggunakan standar SNI 1726-2019 dan bantuan program Matlab. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa analisa dinamik riwayat waktu memberikan yang lebih besar dibandingkan dengan analisa dinamik respon spektrum pada kemiringan 0, 10, 20 dan 30 derajat. Dalam analisis ini juga memberikan hasil bahwa pada gedung dengan kemiringan 30 derajat memberikan hasil pembebanan yang lebih besar di bandingkan dengan kemiringan 0, 10 dan 20 derajat sebesar 148.92 ton. Sedangkan kemiringan 0, 10, dan 20 derajat menunjukkan hasil yang turun naik diantaranya 147.06 ton, 140.12 ton dan 164.69 ton akan tetapi cenderung menurun. Sehingga dapat disimpulkan bahwa besar kecilnya pembebanan dipengaruhi oleh data perencanaan gedung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Dinamik respon spektrum, dinamik riwayat waktu, akselerogram, peer barkeley
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:30
Last Modified: 14 Mar 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28318

Actions (login required)

View Item View Item