PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS ATLANTIK DI KECAMATAN SEMBALUN PADA KETINGGIAN TEMPAT DAN MUSIM YANG BERBEDA

Eka, Julianti (2022) PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum L.) VARIETAS ATLANTIK DI KECAMATAN SEMBALUN PADA KETINGGIAN TEMPAT DAN MUSIM YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EKA JULIANTI C1M017024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)

Abstract

Kentang (Solanum tuberosum L.) merupakan salah satu komoditas tanaman umbi-umbian, memiliki manfaat sebagai bahan pangan kaya vitamin dan mineral. Produktivitas tanaman kentang dipegaruhi oleh musim dan ketinggian tempat tanam. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil tanaman kentang (Solanum tuberosum L.) varietas Atlantis pada ketinggian tempat dan musim yang berbeda. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan percobaan di lapangan. Penelitian dilaksanakan di Kecematan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, dilaksanakan pada bulan April sampai Agustus 2021. Rancangan percobaan dalam penelitin ini yaitu Rancangan Acak Kelompok Faktorial 2 (dua) faktor. Faktor pertama yaitu ketinggian tempat dan faktor kedua yaitu musim tanam. Data hasil analisis pengamatan menggunakan Analisis Keragaman pada taraf nyata 5%, dan apabila antar perlakuan terdapat beda nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) 5%. Interaksi antara ketinggian tempat dan musim berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kentang. Pertumbuhan dan hasil terbaik diperoleh dari Ketinggian tempat 900 m dpl yaitu pada akhir musim penghujan (MH), namun ketinggian tempat terendah diperoleh dari ketinggian tempat 1.000 m dpl (L2) yaitu pada akhir musim penghujan (MH) dan awal musim kemarau (MK).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : pertumbuhan, hasil, kentang atlantik, musim dan lokasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:18
Last Modified: 19 Mar 2022 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28361

Actions (login required)

View Item View Item