KEABSAHAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN FITUR SHOPEEPAY LATER PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI PERBANDINGAN KUH PERDATA DAN HUKUM ISLAM)

Elinda, Sari (2021) KEABSAHAN PERJANJIAN KREDIT DENGAN FITUR SHOPEEPAY LATER PADA APLIKASI SHOPEE (STUDI PERBANDINGAN KUH PERDATA DAN HUKUM ISLAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ELINDA SARI (D1A018305).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan memganalisis konsep hukum perjanjian kredit jika ditinjau dari KUH dan hukum Islam serta bagaimana konsep perjanjian kredit Shopee PayLater pada aplikasi Shopee jika ditinjau dari KUH Perdata dan hukum Islam. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan perjanjian kredit pada Shopee PayLater jika ditinjau dari hukum perdata sudah sesuai dengan yang diatur dalam KUH Perdata maupun peraturan terkait seperti aturan pelaksana dari Shopee PayLater, sehingga dari tinjauan hukum perdata kedudukan perjanjian kredit Shopee PayLater dianggap sah. Sedangkan dalam konsep pembiayaan pada hukum Islam penggunaan Shopee PayLater menjadi tidak sah karena melanggar ketentuan prinsip-prinsip syariah, yaitu mengandung unsur riba pada ketentuan bunga 2.95% dan setiap tambahan yang disepakati di awal atau saat akad maka statusnya riba, sehingga kedudukan hukum dari Shopee PayLater jika ditinjau dari hukum Islam adalah tidak sah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keabsahan, Kredit, Perjanjian
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:21
Last Modified: 19 Mar 2022 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item