EFEKTIFITAS PENGELOLAAN EKOWISATA AIR TERJUN BENANG KELAMBU DESA AIK BERIK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Arisca, Anjayani (2022) EFEKTIFITAS PENGELOLAAN EKOWISATA AIR TERJUN BENANG KELAMBU DESA AIK BERIK KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Arisca Anjayani_C1L017015_Skripsi...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme kerja pengelolaan kelompok sadar lingkungan dan menganalisis efektifitas pengelolaan ekowisata kelompok sadar lingkungan di air terjun Benang Kelambu di Desa Aik Berik. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka dengan variabel dan parameter aspek: perencanaan, kelembagaan, pengelolaan dana, pengelolaan fasilitas, dan evaluasi. Rata-rata di hitung menggunakan skala likert dengan kriteria efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme kerja pengelolaan kelompok sadar lingkungan Umar Maye Ekowisata Air Terjun Benang Kelambu dilihat dari 5 aspek yang terdiri dari: aspek perencanaan, kelembagaan, pengelolaan dana, pengelolaan fasilitas, dan evaluasi. Dilaksanakan melalui diskusi, partisipasi anggota, musyawarah anggota dengan pengambilan keputusan dan pemberian pendapat, kepengurusan kelompok, dan saranaprasarana yang dimanfaatkan untuk memenuhi pengelolaan Air Terjun dan pemberdayaan masyarakat di Air Terjun Benang Kelambu. Efektifitas pengelolaan kelompok sadar lingkungan Umar Maye yang dilihat dari berbagai aspek, jumlah responden 40% yang berjumlah 12 orang menyatakan, bahwa pengelolaan ekowisata Air Terjun Benang Kelambu tersebut kurang efektif, sedangkan 60% responden yang berjumlah 18 orang menyatakan efektif. Dengan nilai total skor 81 dan jumlah interval 76-112 Tingkat efektifitas pengelolaan ekowisata Air Terjun Benang Kelambu di Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara termasuk dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Efektifitas, Ekowisata dan Air Terjun Benang Kelambu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Mar 2022 02:23
Last Modified: 19 Mar 2022 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28413

Actions (login required)

View Item View Item