PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GETARAN HARMONIS MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK

ELFATIHAN, EGISTA (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GETARAN HARMONIS MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ELFATIHAN EGISTA SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada materi getaran harmonis menggunakan model pembelajaran discovery learning agar dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik . Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan instrument penilaian. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan dissiminate, tetapi dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Hasil validitas perangkat pembelajaran dari 3 validator ahli dan 2 validator praktisi menggunakan skala Likert 1 sampai 4 menunjukkan rata-rata 92,42% dengan kategori valid. Hasil perhitungan reliabilitas menggunakan persamaan Percentage of Agreement (PA) dari 3 validator ahli dan 2 validator praktisi menunjukkan rata-rata 95,56% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil tersebut perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Model pembelajaran discovery learning, perangkat pembelajaran dan penguasaan konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Mar 2022 02:28
Last Modified: 28 Mar 2022 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28454

Actions (login required)

View Item View Item