RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR PADA BENDUNGAN PLTMH SEGARA MENGGUNAKAN SV611 BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IoT )

IFAN, HARIADI (2022) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING KETINGGIAN AIR PADA BENDUNGAN PLTMH SEGARA MENGGUNAKAN SV611 BERBASIS INTERNET OF THINGS ( IoT ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA Ifan Hariadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemantauan tinggi permukaan air pada Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) merupakan suatu hal yang sangat penting, hal tersebut dapat memberikan info mengenai kondisi air pada bendungan. Cara yang umum untuk pemantauan yaitu dengan mencatat tinggi permukaan air melalui suatu tanda atau batas air yang dipasang pada bendungan. Jika terjadi kondisi yang tidak biasa dalam penggunaan air maka akan menjadi suatu kendala dalam mendapatkan data real time yang dapat mengakibatkan telatnya dalam mengambil keputusan. Penggunaan air pada Pembangkit Listrik Tenga Mini Hidro (PLTMH) sangat mempengaruhi kepada produksi listrik yang dihasilkan, semakin optimal penggunaan air maka semakin baiklah produksi listrik yang dihasilkannya. Oleh karena hal tersebut, penulis merancang peralatan monitoring water level yang dapat memberikan efektifitas kinerja pada pembangkit listrik tenaga air dengan memasang sensor ultrasonic pada bendungan maka secara real time dapat mengetahui ketinggian level air. Ketinggian air tersebut dapat dipantau dari jarak jauh dan ditampilkan menggunakan Liquid Crystal Display ( LCD ) dan bisa juga diakses melalui internet. Perancangan ini bertujuan membuat suatu sistem untuk monitoring dan secara otomatis level ketinggian air pada bendungan, dimana menggunakan teknologi yang berkembang pada revolusi industri 4.0 saat ini yaitu IoT (Internet Of Things). IoT dipilih karena mampu menampilkan data yang terbaca oleh sensor yang akan digunakan termonitor secara realtime tanpa mengalami delay yang cukup besar dan juga mampu diakses dari manapun selama masih adanya koneksi jaringan internet. Dengan memonitor level ketinggian air secara realtime dan otomatis diharapkan akan mempermudah pekerjaan teknisi tanpa harus ke lokasi dan tentunya akan mempermudah dan meminimalisir pengeluaran biaya perawatan. Tujuan dari tugas akhir ini adalah memberikan informasi tentang pembuatan sistem monitoring yang dapat diterapkan pada ketinggian air bendungan PLTMH berbasis IoT menggunakan modul LoRa berupa informasi keluaran nilai level air yang cepat dan real-time dalam jarak yang cukup jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keyword : IoT (Internet of Things), LCD (Liquid Crystal Display), LoRa, PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:33
Last Modified: 22 Apr 2022 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28702

Actions (login required)

View Item View Item