ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI VIRTUAL KANTOR CAMAT SEKARBELA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Karina, Dewi Larasati (2022) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI VIRTUAL KANTOR CAMAT SEKARBELA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karina Dewi Larasati_L1B018060_Skripsi Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 Kantor Camat Sekarbela menggunakan media komunikasi virtual sebagai suatu inovasi. Penggunaan media komunikasi virtual merupakan salah satu upaya instansi dalam pencegahan penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan kerja. Adanya pandemi Covid-19 ini berpengaruh terhadap kinerja organisasi karena diterapkannya media baru (new media). Berbagai hambatan muncul seiring dengan perubahan keadaan tersebut banyak pegawai yang tidak terbiasa menggunakan media baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media komunikasi virtual Kantor Camat Sekarbela pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan informan secara sengaja atau pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman dan menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikator dalam penggunaan media komunikasi virtual adalah Camat Sekarbela. Pesan yang disampaikan terkait dengan tugas dan kebijakan pemerintahan secara tertulis maupun lisan. Media yang digunakan Kantor Camat Sekarbela berupa komputer, LCD proyektor, layar screen dan wifi melalui aplikasi WhatsApp dan Zoom Meeting. Komunikan dalam kegiatan ini yaitu karyawan Kantor Camat Sekarbela, Pimpinan daerah (Walikota, Wakil Walikota, Camat dari Kecamatan lain, Polres Mataram, Polda NTB, Gubernur). Efek dari penggunaan media komunikasi virtual (a) Pesan kurang detail., (b) Komunikasinya tidak se-erat saat komunikasi tatap muka., (c) Kurangnya kepercayaan diri., (d) Memunculkan budaya bekerja baru. Adapun faktor pendukungnya diantara lain (a) Peralatan penunjang kegiatan virtual lengkap., (b) Karyawan mudah menyesuaikan penggunaan media., (c) Latar belakang pendidikan yang tinggi. Selain itu, faktor penghambatnya adalah (a) Technical Noise., (b) Gagap Teknologi (Gaptek) pada karyawan yang berusia di atas 50 tahun., (c) Kejenuhan komunikasi, (d) Gangguan lingkungan, (e) Kurangnya kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Media Komunikasi Virtual, Pandemi Covid-19, Kantor Camat Sekarbela
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 May 2022 01:27
Last Modified: 24 May 2022 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item