KETERLIBATAN ORANG TUA DA LAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 BODAK TAHUN AJARAN 2020/2021

BAIQ, FITRIA DEWI (2021) KETERLIBATAN ORANG TUA DA LAM PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 1 BODAK TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP BAIQ FITRIA DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahan metode pembelajaran yang terjadi pada masa pandemi covid-19 yang dilakukan secara daring sehingga berdampak pada aktivitas pembelajaran yang mengharuskan siswa memahami materi pelajaran scecara mandiri dan terjadinya berbagai kesulitan belajar yang dialami siswa, untuk itu diperlukan keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar siswa pada masa pandemi Covid- 19 di SDN 1 Bodak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diantaranya terdiri dari orangtua wali murid dan siswa di lingkungan SDN 1 Bodak. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga metode, yaitu teknik observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Bodak terkait 3 hal yaitu 1) membantu anak dalam mengembangkan kognitif yaitu mendampingi anak dalam hal belajar, mengerjakan tugas, membaca, menggambar, dan mendengar atau menyimak anak saat menghafal. 2) membantu anak dalam menumbuh kembangkan afektif yaitu menumbuh kembangkan sikap siswa kepada guru, lingkungan, dan mendampingi anak dalam bermain. 3) menumbuh kembangkan psikomotorik yaitu memberi semangat atau pujian kepada anak untuk terus belajar, mengembangkan bakat yang dimiliki anak, dan mengontrol anak berhubungan atau berkomunikasi dengan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Keterlibatan orangtua, pendampingan belajar, masa pandemi covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 May 2022 04:04
Last Modified: 28 May 2022 04:04
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/28918

Actions (login required)

View Item View Item