KONSTRUKSI PEMBERITAAN UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA (ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN DETIK.COM PERIODE OKTOBER – DESEMBER 2020)

Diani Mardina, Bq (2022) KONSTRUKSI PEMBERITAAN UNDANG-UNDANG CIPTA KERJA (ANALISIS FRAMING ROBERT N. ENTMAN PADA MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DAN DETIK.COM PERIODE OKTOBER – DESEMBER 2020). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-BQ DIANI MARDINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peristiwa pengesahan UU Cipta Kerja ramai dijadikan topik liputan oleh media online termasuk Kompas.com dan Detik.com. Hal ini dikarenakan UU Cipta Kerja merupakan produk hukum yang harus diketahui oleh masyarakat dan memiliki nilai berita. Namun dalam pemberitaannya dikarenakan masing-masing wartawan atau jurnalis mempunyai pandangan dan konsepsi yang berbeda dalam melihat suatu peristiwa sehingga peristiwa UU Cipta Kerja disajikan dengan bingkai tertentu oleh masing-masing media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan antara media online Kompas.com dan Detik.com dalam membingkai peristiwa yang berkaitan dengan UU Cipta Kerja pada Oktober-Desember 2020. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan framing model Robert N. Entman. Dalam model framing Robert N. Entman, terdapat 4 elemen framing yakni elemen pendefinisian masalah (define problems), memperkirakan penyebab masalah (diagnose cause), membuat pilihan moral (make moral judgement), dan menekankan penyelesaian (treatment recommendation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yakni peneliti mengumpulkan berita-berita yang berkaitan dengan UU Cipta Kerja, kemudian memilih 12 berita pada masing-masing media online Kompas.com dan Detik.com dengan mempertimbangkan isu yang diangkat, tanggal terbit serta memperhatikan berita yang mencolok dalam menonjolkan isu UU Cipta Kerja. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat perbedaan pembingkaian antara Kompas.com dan Detik.com dalam menyajikan berita terkait UU Cipta Kerja. Kompas.com cenderung menunjukkan keberpihakan kepada buruh dan pekerja yang menolak pengesahan UU Cipta Kerja karena dinilai merugikan mereka. Sementara Detik.com cenderung menunjukkan pembelaan atau pembenaran atas keputusan pemerintah dan DPR RI dalam mengesahkan UU Cipta Kerja. Narasumber yang dihadirkan Detik.com cenderung berasal dari pihak yang mendukung pengesahan UU Cipta Kerja seperti DPR RI, Presiden Joko Widodo hingga aliansi pengusaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Framing, UU Cipta Kerja, Kompas.com dan Detik.com
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 May 2022 05:55
Last Modified: 30 May 2022 05:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29006

Actions (login required)

View Item View Item