ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI KECAMATAN PLAMPANG KABUPATEN SUMBAWA

ANDRIANI, DEVI (2017) ANALISIS USAHATANI DAN PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA DI KECAMATAN PLAMPANG KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah : Menganalisis Keuntungan Usahatani Jagung Hibrida di Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa, menganalisis saluran dan efisiensi pemasaran jagung hibrida di Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa; dan menganalisis Hambatan yang dihadapi petani dalam memasarkan jagung hibrida di Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Unit analisis yang digunakan adalah usahatani jagung hibrida dan pedagag jagung hibrida di Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Jumlah responden dalam penelitian ini ditetapkan secara “Quota Sampling” dan untuk pedagang menggunakan snowball sampling. Data digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Sumber data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik survey. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis biaya dan keuntungan usahatani jagung hibrida ; analisis keuntungan usahatani ; analisis saluran pemasaran jagung hibrida ; serta analisis efisiensi pemasaran jagung hibrida. Hasil penelitian menunjukkan : Usahatani jagung hibrida di Kecamatan Plampang menguntungkan dengan rata-rata keuntungan sebesar Rp 11.840.713, musim tanam per hektar dengan total biaya produksi sebesar Rp 5.518.645. Nilai RC ratio sebesar 3.08. Saluran pemasaran jagung hibrida di Kecamatan Plampang, yaitu : a. Petani → PPDs → Pedagang Besar → PAP b. Petani → PPDs → Pedagang Perantara → Pedagang Besar → PAP Saluran Pemasaran I sudah adil atau merata berdasarkan indikator distribusi keuntungan (DK) sebesar 0,546 margin pemasaran sebesar 1.300 dan farmer’s share sebesar 65,78% yang menggambarkan bahwa biaya pemasaran relatif rendah sebesar Rp 530/kg. Saluran pemasaran II sudah adil atau merata berdasarkan indikator farmer’s share sebesar 71.05%, margin pemasaran sebesar 1.100, jika dilihat dari distribusi keuntungan (DK) sebesar 0,054 tidak adil atau tidak merata yang menggambarkan biaya pemasaran relatif tinggi. Hambatan yang dihadapi oleh petani adalah modal, informasi

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jagung Hibrida, Keuntungan, Saluran, Efisiensi Pemasaran, Kecamatan Plampang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 05:06
Last Modified: 24 Apr 2018 05:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2907

Actions (login required)

View Item View Item