ANALISIS IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA ONLINE SHOP MADU TRIGONA KELOMPOK BUDIDAYA LEBAH HARAPAN KELUARGA DI DUSUN MONTONG SINGGAN DESA SALUT KABUPATEN LOMBOK UTARA

EVA, DIANA TAUHID (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING PADA ONLINE SHOP MADU TRIGONA KELOMPOK BUDIDAYA LEBAH HARAPAN KELUARGA DI DUSUN MONTONG SINGGAN DESA SALUT KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FILE SKRIPSI-EVA DIANA TAUHID (L1B018036).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hadirnya internet menjadi salah satu faktor pengembangan strategi pemasaran menuju level baru yang saat ini dikenal sebagai digital marketing. Pada penelitian ini penulis membahas mengenai perencanaan implementasi digital marketing yang dilakukan oleh Kelompok Harapan Keluarga dalam meningkatkan hasil penjualan produk madu trigona berdasarkan konsep implementasi perencanaan yang dikembangkan oleh Strauss dan Frost. Kelompok Harapan Keluarga adalah kelompok pembudidaya lebah madu trigona yang sekaligus juga merupakan produsen dan pemasar dari madu trigona dengan merek dagang ‘Madu Trigona Montong Salut’. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana analisis digital marketing Kelompok Harapan Keluarga yang berfokus pada Facebook dan WhatsApp. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis dan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini adalah Bapak Ahmad Sairi selaku ketua Kelompok Harapan Keluarga dan merupakan informan utama, Bang Haqiqi selaku ketua pemasaran Kelompok Harapan Keluarga, Bapak Suparna selaku bendahara Kelompok Harapan Keluarga dan Ibu Susilawati selaku informan pendukung. Lokasi penelitian dilakukan di Dusun Montong Singgan, Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Penulis juga melakukan observasi pada akun media sosial yakni Facebook dan WhatsApp yang digunakan oleh Kelompok Harapan Keluarga yang mendukung penulisan tugas akhir ini. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan penulis terhadap Kelompok Harapan Keluarga, diketahui bahwa Kelompok Harapan Keluarga melibatkan peran digital marketing dalam penjualan dan pengenalan lokasi budidaya yang dilakukan. Kelompok Harapan Keluarga memasarkan produknya secara online dengan melakukan basic digital marketing tools secara terintegrasi. Pemasaran menggunakan media digital sangat membantu Kelompok Harapan Keluarga untuk menjalankan fungsi pemasaran secara efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Digital Marketing, Kelompok Harapan Keluarga, Implementasi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Jun 2022 12:10
Last Modified: 03 Jun 2022 12:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29141

Actions (login required)

View Item View Item