ANALISIS PROFITABILITAS DAN KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Yuansa, Aneswari (2022) ANALISIS PROFITABILITAS DAN KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA PEMBESARAN LOBSTER PASIR (Panulirus homarus) DI KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-Yuansa Aneswari-C1G018188 (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kecamatan Jerowaru adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur yang memiliki potensi sangat besar pada aspek pengembangan budidaya lobster. Khususnya budidaya lobster pasir (Panulirus homarus), yang didukung oleh kondisi geografis, minat masyarakat, dan juga dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis profitabilitas pada usaha budidaya pembesaran lobster pasir (Panulirus homarus), (2) Menganalisis kelayakan usaha pada usaha budidaya pembesaran lobster pasir (Panulirus homarus), (3) Mengetahui kendalakendala pada usaha budidaya pembesaran lobster pasir (Panulirus homarus) di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis yang digunakan adalah usaha budidaya pembesaran lobster pasir (Panulirus homarus) di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Usaha budidaya pembesaran lobster pasir di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi atau tingkat keuntungan yang diperoleh tinggi, pendapatan yang dihasilkan sebesar Rp 23.189.000 dengan total biaya produksi sebesar Rp 14.015.000 sehingga diperoleh nilai Return Of Invesment (ROI) sebesar 165,45%. (2) Usaha budidaya pembesaran lobster pasir di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur layak untuk diusahakan karena nilai R/C ratio yang didapatkan lebih besar dari 1 (2.65 > 1) dan nilai B/C ratio lebih besar dari nol (1,65 > 0). (3) Kendala yang dihadapi oleh responden pembesaran lobster pasir di Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur yaitu kendala cuaca, penyakit, pasca panen, harga jual, pakan, jaring rusak dan pencurian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata Kunci : Profitabilitas, Lobster Pasir, Kelayakan Usaha
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:13
Last Modified: 07 Jun 2022 05:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29168

Actions (login required)

View Item View Item