PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MEDIA KOMPUTER DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Analisis Kemampuan Siswa Kelas VII dalam Memahami Teks Naratif Di MTs. Nurul Ishlah Gegelang)

Dian, Nurul Nisa (2022) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MEDIA KOMPUTER DALAM MASA PANDEMI COVID-19 (Analisis Kemampuan Siswa Kelas VII dalam Memahami Teks Naratif Di MTs. Nurul Ishlah Gegelang). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAN NURUL NISA E1C018019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Komputer Dalam Masa Pandemi Covid-19” (analisis kemampuan siswa kelas VII dalam memahami teks naratif). Rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Komputer dalam Masa Pandemi Covid-19 di MTs. Nurul Ishlah Gegelang Pada Materi Teks Narasi?” Tujuan penelitian ini adalah “Mendeskripsikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Komputer Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di MTs. Nurul Ishlah Gegelang Pada Materi Teks Narasi!”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode simak, metode cakap, observasi partisipan, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, kemudian dilakukanlah penyajian analisis data menggunakan metode formal atau perumusan dengan menggunakan tanda atau lambanglambang) dan metode informal atau perumusan dengan menggunakan kata-kata. Berdasarkan hasil analisis data, Penggunaan media pembelajaran online yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VII pada materi teks naratif di MTs. Nurul Ishlah Gegelang dengan pemilihan media pembelajaran, cara mengakses dan mempersiapkan bahan ajar berupa media pembelajaran sebelum proses pembelajaran berlangsung. Faktor Penghambat penggunaan media online dalam pembelajaran pada masa covid-19 di MTs. Nurul Ishlah Gegelang banyak hambatan yang ditimbulkan dari di berlakukannya sistem pembelajaran daring dimana kurangnya kemampuan pengetahuan dan cara penguasaan IT. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, proses pembelajaran dalam materi teks naratif menggunakan media komputer pada masa covid-19 belum bisa dikatakan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: media computer, covid-19, teks naratif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:10
Last Modified: 07 Jun 2022 05:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29173

Actions (login required)

View Item View Item