STUDI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SURALAGA, LOMBOK TIMUR

Nia, Ihwani (2022) STUDI PENDIDIKAN DAN KESEHATAN ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SURALAGA, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIA IHWANI (L1C018073).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fenomena Pekerja Migran Indonesia (PMI) menyisakan banyak masalah di internal keluarga. Orang tua yang memegang peranan penting dalam sebuah keluarga tidak bisa memainkan perannya secara maksimal terutama dalam membantu perkembangan pertumbuhan anak baik dalam pendidikan dan kesehatannya. Anakanak yang ditinggalkan orang tuanya yang bekerja sebagai Pekerja Migran seringkali mengalami berbagai masalah. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada lembaga pendidikan tentunya akan berpengaruh terhadap pendidikan anak-anak. Begitu juga dengan kesehatan mereka menjadi terancam. Kondisi ini mengarahkan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pendidikan anak-anak pekerja migran dan kesehatan mereka selama dalam asuhan keluarga. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan di Suralaga, Lombok Timur dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data melalui observasipartisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian mengambil 17 informan terdiri dari keluarga pekerja migran, staff desa, dan tokoh masyarakat. Hasil dari penelitian ini yaitu pendidikan anak pekerja migran rata-rata sangat bagus walaupun masih ada yang mengalami putus sekolah. Dari segi kesehatannya anak PMI mengalami rmasalah tetapi tidak ada masalah yang serius dalam kesehatan anak tersebut. Apalagi pada masa pandemi Covid-19 ini kehadiran orang tua sangat penting bagi pendidikan dan kesehatan anaknya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pekerja Migran, Anak-Anak PMI, Pendidikan, Kesehatan, Covid-19, Suralaga
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:40
Last Modified: 08 Jun 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item