KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MENANGGULANGI DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMULIHAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SURALAGA, LOMBOK TIMUR

Moh, Adiyat Hidayatullah (2022) KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM MENANGGULANGI DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMULIHAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI SURALAGA, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_ Moh Adiyat H_ FIX 2022 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kebijakan pemerintah dalam menanggulangi dampak Pandemi Covid-19 terhadap ekonomi pekerja migran dan upaya pemulihannya. Untuk menanggulangi dampak pandemi Covid-19 ini agar tidak menimbulkan krisis yang berkepanjangan dan meminimalisir dampakdampak di sektor lainnya, maka pemerintah membutuhkan suatu kebijakan pengamanan sosial untuk kestabilan ekonomi masyarakat, terutama bagi pekerja migran. Untuk memahami lebih detail tentang kebijakan pemerintah dan implementasinya, maka penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentukbentuk kebijakan tersebut, pengaruhnya dalam pemulihan ekonomi, dan implementasinya di lapangan. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan (OctoberMaret 2022) dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, FGD, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian sebanyak 19 informan terdiri dari pekerja migran, pemerintah desa, LSM, dan penyalur pekerja migran. Hasil penelitian ini menunjukan kebijakan pemerintah pusat untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 ini seperti kebijakan social distancing, physical distancing, PSBB, PPKM. Pemerintah Desa Suralaga juga mengeluarkan kebijakan khusus untuk menanggulangi dampak ekonomi akibat Covid-19 khususnya terhadap perekonomian pekerja migran di Kecamatan Suralaga yang meliputi pemberian BLT (Bantuan Langsung Tunai), pengembangan UMKM, pengembangan usaha pada sektor pertanian dan peternakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kebijakan, Covid-19, Ekonomi, Pekerja Migran, Suralaga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:40
Last Modified: 08 Jun 2022 03:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29209

Actions (login required)

View Item View Item