KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DRAMA PINANGAN KARYA ANTON CHEKOV PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

FATHURRAHMAN, DEDI (2017) KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DRAMA PINANGAN KARYA ANTON CHEKOV PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
DEDI FATURRAHMANE1C112021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa drama “Pinangan” karya Anton Chekov dan Hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Drama ini menceritakan tentang tokoh Agus yang datang berkunjung kerumah pak Rukmana untuk meminang putrinya Ratna, tetapi pada saat sudah bertemu tokoh Agus tidak berani mengatakan maksudnya datang berkunjung sehingga dia mengalihkan pembicaraan masalah tanah lapang. Namun naasnya itu malah menjadi awal pertengkaran di antara mereka. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan psikologi tokoh utama (Agus) dalam drama “Pinangan” karya Anton Chekov. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif naratif yaitu tipe desain kualitatif yang spesifik “Narasinya dipahami sebagai teks yang dituturkan atau dituliskan dengan menceritakan peristiwa/aksi, yang terhubung secara kronologis. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama Pinangan karya Anton Chekov. Data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog tokoh Agus. Teknik pengumpulan data adalah teknik studi pustaka dan teknik baca-catat. Sementara itu, analisis data yang digunakan adalah pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud yaitu struktur kepribadian. Hasil penelitian menunjukan struktur kepribadian tokoh Agus terdiri dari id, ego dan super ego. Id mempengaruhi tokoh utama untuk mengejar keinginan-keinginan untuk segera menikah dengan Ratna dan mempertahankan pendapatnya. Ego berusaha mewujudkan keinginankeinginan tokoh utama dan super egonya menunjukan jalan yang tidak berlawanan dengan norma agama. Selain itu, hubungan hasil analisis dengan pembelajaran sastra di SMP sangat fungsional. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan, acuan, dan media pembelajaran bagi guru disekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Naskah drama, struktur kepribadian, pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:11
Last Modified: 24 Apr 2018 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2932

Actions (login required)

View Item View Item