PENGARUH PENAMBAHAN KERIKIL TERHADAP SIFAT MEKANIK PAVING BLOCK BERBAHAN PENGIKAT LIMBAH PLASTIK TIPE LDPE (LOW DENSITY POLYETHYLENE)

Fiad, Leo Zambana (2022) PENGARUH PENAMBAHAN KERIKIL TERHADAP SIFAT MEKANIK PAVING BLOCK BERBAHAN PENGIKAT LIMBAH PLASTIK TIPE LDPE (LOW DENSITY POLYETHYLENE). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah skripsi Fiad Leo Zambana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)

Abstract

Saat ini plastik digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Plastik membutuhkan waktu sampai ratusan tahun untuk dapat benarbenar terurai, sehingga saat ini limbah plastik merupakan masalah lingkungan yang tak berkesudahan. Menurut data yang didapat dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada tahun 2021, jumlah timbulan sampah harian ibu kota untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu sebanyak 483.44 ton/hari yang terdiri dari berbagai jenis sampah dan diantaranya terdapat 19% sampah plastik dari total keseluruhan. Dengan demikian, dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan campuran kerikil dengan plastik terhadap sifat mekanik dan fisik paving block serta untuk mengetahui besar persentase kadar optimum penggunaan kerikil pada campuran yang memenuhi standar kekuatan paving block. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian melakukan penggantian bahan pada paving block, yaitu menggunakan plastik jenis LDPE sebagai bahan penyusun utama dan campuran kerikil dengan variasi 0%, 20%, 40%, 60% dan 80% terhadap volume paving block. Pengujian yang dilakukan terhadap benda uji yaitu uji kuat tekan, kuat tarik belah, ketahanan Impact dan daya serap air. Untuk pengujian kuat tekan kuat, tarik belah, ketahanan impact dan daya serap air benda uji yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 200 mm x 100 mm x 80 mm. Pengujian dilakukan setelah benda uji berumur 3 hari. Dari hasil penelitian didapatkan nilai kuat tekan optimum diperoleh pada paving block plastik proporsi kerikil 0% yaitu sebesar 12,667 MPa. Nilai kuat tarik belah maksimum diperoleh pada paving block plastik proporsi kerikil 0% yaitu sebesar 1,593 MPa. Nilai ketahanan Impact maksimum pada kondisi retak dan pecah diperoleh pada paving block plastik proporsi kerikil 0% yaitu pada kondisi retak yaitu 16153,967 Joule dan pada kondisi pecah yaitu 16330,365 Joule. Nilai daya serap air optimum diperoleh pada paving block plastik proporsi kerikil 80% yaitu sebesar 4,362%. Dari hasil penelitian terhadap pengaruh proporsi kerikil pada paving block berbahan dasar limbah plastik LDPE (Low Density Polyethylene) yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa berdasarkan SNI 03-0691-1996 besar persentase kadar optimum penggunaan kerikil yang memenuhi standar kekuatan paving block yaitu berada pada kisaran 0%. Pada pengujian kuat tekan didapatkan hasil 12,667 MPa termasuk dalam klasifikasi paving block mutu C.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Paving block, plastik jenis LDPE, kuat tekan, kuat tarik belah, ketahanan impact, daya serap air.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:29
Last Modified: 13 Jun 2022 12:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29339

Actions (login required)

View Item View Item