KOMUNIKASI KRISIS SATUAN TUGAS COVID-19 PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (ANALISIS ISI PRESS RELEASE PADA SATUAN TUGAS COVID-19 PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT)

Zhafran, Zibral (2022) KOMUNIKASI KRISIS SATUAN TUGAS COVID-19 PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (ANALISIS ISI PRESS RELEASE PADA SATUAN TUGAS COVID-19 PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Zhafran Zibral (L1018125).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Zhafran Zibral. Skripsi ini berjudul “Komunikasi Krisis Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Barat (Analisis Isi Press Release Pada Satuan Tugas COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Barat)”. Penelitiain ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi krisis Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui press release. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deksriptif, dengan melakukan analisis isi press release. Subjek dalam penelitian ini adalah Bagian Humas Satgas COVID- 19 Provinsi NTB, dan objek penelitian ini adalah press release yang dipublikasi oleh Bagian Humas Satgas COVID-19 Provinsi NTB. Teknik pengumpulan data dilakukan secara dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari lima tahapan, yaitu membuat kategori press release berdasarkan model CERC, membaca press release secara berulang, mengkategorikan press release berdasarkan kategori yang telah ditentukan, membandingkan press release dengan 7 best practice model CERC, dan membandingkan press release berdasarkan sumber press release dan periode publikasi. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan triangulasi teknik, yaitu wawancara kepada 1) Sub Koordinator Kelembagaan Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik NTB, dan 2) Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, Imunisasi, dan Kesehatan Bencana Dinas Kesehatan NTB. Hasil penelitian ini adalah Satgas COVID-19 Provinsi NTB melalui Bagian Humas Satgas COVID-19 Provinsi NTB melakukan strategi komunikasi krisis, meliputi: pembuatan tim komunikasi, kerjasama dengan media massa, menyatukan konten yang dirilis, mengadopsi konten empati, menggunakan banyak saluran komunikasi, informasi disampaikan terus menerus, memperhatikan waktu dan kondisi masyarakat, melakukan konferensi pers secara berkala, dan pembuatan press release. Dalam press release yang dipublikasi ditemukan empat kategori pesan teratas berdasarkan Model CERC dalam press release, yaitu: 1) Express accountability, 2) Explain what is known, 3) Promote action steps the public can take, dan 4) Express commitment. Sedangkan, berdasarkan periode jumlah kasusCOVID-19 di NTB mayoritas pesan yang dimuat dalam press release adalah tentang “express accountability” dan berdasarkan organisasi yang mengeluarkan press release, Biro Humas Provinsi NTB yang paling seimbang dalam menyampaikan informasi yang memuat 7 best practice model CERC melalui press release.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pandemi COVID-19, Crisis & Emergency Risk Communication, Komunikasi Krisis, Analisis Isi, Press Release.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:06
Last Modified: 15 Jun 2022 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29354

Actions (login required)

View Item View Item