ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI RUMAH TANGGA SABUT KELAPA DI DESA TELAGA WARU KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Lalu, Ali Putra (2022) ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA AGROINDUSTRI RUMAH TANGGA SABUT KELAPA DI DESA TELAGA WARU KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Lalu Ali Putra C1G018085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Nilai Tambah Produk dan Penyerapan Tenaga Kerja pada Agroindustri Rumah Tangga Sabut Kelapa di Desa Telaga Waru Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, bertujuan untuk: (1) Untuk mengkaji nilai tambah pada agroindustri rumah tangga sabut kelapa di Desa Telaga Waru, (2) Untuk menganalisis penyerapan tenaga kerja pada agroindustri rumah tangga sabut kelapa di Desa Telaga Waru, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi pelaku usaha agroindustri rumah tangga sabut kelapa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Nilai tambah pada sapu sabut kelapa tangkai satu Rp. 4.326/kg bahan baku, sapu sabut kelapa tangkai dua Rp. 7.475/kg bahan baku. (2) Penyerapan tenaga kerja pada usaha agroindustri rumah tangga sabut kelapa di Desa Telaga Waru Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur, pada produk sapu tangkai satu sebesar 2.61 HKO/pp sedangkan pada Produk sapu tangkai dua sebesar 1,73 HKO/pp. (3) Kendala yang dihadapi oleh pengrajin pada usaha agroindusti rumah tangga sabut kelapa dapat dilihat dari beberapa aspek yakni aspek finansial yang berkaitan dengan modal yang dikeluarkan dalam melakukan usaha, aspek lingkungan yang berkaitan dengan cuaca, serta aspek teknis yang berkaitan dengan peralatan dan teknologi yang digunakan. Saran dari penelitian ini adalah: (1) Kepada pengrajin yang melakukan usaha pengolahan sabut kelapa untuk mengatur keuangan dalam menjalankan usahanya dengan baik, agar pengrajin tidak melakukan peminjaman di bank atau pengepul untuk modal usahanya. (2) Diharapkan kepada Dinas Perindustrian Kabupaten Lombok Timur agar memiliki data terbaru tentang jumlah pengusaha agroindustri sabut kelapa di Kabupaten Lombok Timur. (3) Diharapkan hasil penelitian ini dapat menajadi sumber informasi bagi peneliti lain yang ingin mengangkat masalah dengan topik yang sama, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pembanding.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Nilai Tambah, Penyerapan Tenaga Kerja, Kendala
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:07
Last Modified: 16 Jun 2022 09:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29386

Actions (login required)

View Item View Item