KONSTRUKSI SOSIAL NYELAMAQ DILAUQ DAN PROSES INTEGRASINYA DALAM MASYARAKAT SASAK DI DESA TANJUNG LUAR, KERUAK, LOMBOK TIMUR SKRIPSI

Baiq, Astiti Noviyanti (2022) KONSTRUKSI SOSIAL NYELAMAQ DILAUQ DAN PROSES INTEGRASINYA DALAM MASYARAKAT SASAK DI DESA TANJUNG LUAR, KERUAK, LOMBOK TIMUR SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Baiq Astiti Noviyanti (L1C018017) wisuda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nyelamaq dilauq merupakan tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi sehingga sampai saat ini masih menjadi ritual satu kali setahun atau satu kali dalam dua tahun, hal ini tergantung dari anggaran yang sudah di tetapkan. Digelarnya ritual nyelamaq dilauq ini dengan harapan nasib nelayan bisa lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi ritual nyelamaq dilauq dan proses integrasinya dalam masyarakat Sasak. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan di desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian mengambil sampel 15 terdiri dari mangku atau Sandro, tokoh-tokoh adat, staff desa, dan masyarakat. Hasil penelitian konstruksi ritual nyelamaq dilauq pertama kali dilakukan oleh suku Mandar di Sulawesi kemudian diserahkan kepada suku Bajo. Ritual nyalamaq dilauq pertama kali dilaksanakan di desa Tanjung Luar pada tanggal 9 Januari tahun 1907. Adapun prosesi-prosesi dalam ritual tersebut yaitu melakukan musyawarah, menentukan tanggal dan waktu, menyiapkan alat dan bahan, memilih kerbau, ngeririq kerbau, puncak acara yaitu melagak tikoloq atau nibaq tikoloq dan acara terakhir adalah acara penutup atau siram-siraman. Integrasi ritual nyelamaq dilauq dalam masyarakat Sasak terjadi secara natural dan kultural karena ritual tersebut dilakukan di tanah Sasak dan disambut dengan antusiasme yang tinggi dari masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Konstruksi, Nyelamaq Dilauq, Integrasi, Masyarakat Sasak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:09
Last Modified: 23 Jun 2022 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29416

Actions (login required)

View Item View Item