PERTUMBUHAN DAN RENDEMEN KARAGINAN PADA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii YANG DIBUDIDAYAKAN MENGGUNAKAN METODE PATOK DASAR

DEVI, SURYANI PUTRI (2022) PERTUMBUHAN DAN RENDEMEN KARAGINAN PADA RUMPUT LAUT Kappaphycus alvarezii YANG DIBUDIDAYAKAN MENGGUNAKAN METODE PATOK DASAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEVI SURYANI PUTRI (Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kappaphycus alvarezii merupakan alga merah yang penting dan dapat digunakan sebagai salah satu bahan baku utama dalam budidaya perikanan, dibudidayakan secara luas karena teknologi produksinya yang relatif murah dan sederhana, dan penanganan pasca panen yang relatif sederhana dan mudah. Alga jenis ini memiliki nilai ekonomi yang besar bagi produsen keraginan. Keraginan memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai bahan pangan, kosmetik dan obat. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pertumbuhan dan rendemen karaginan pada rumput laut Kappaphycus alvarezii menggunakan metode patok dasar. Diharapkan mendapat informasi tambahan mengenai budidaya rumput laut Kappaphycus alvarezii. Kegiatan ini dilakukan pada skala lapangan selama 40 hari. Laju pertumbuhan berat mutlak dan pertumbuhan relative serta pengukuran kualitas air diukur 10 hari sekali selama 40 hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis laju pertumbuhan dan rendemen karaginan K. alvarezii yang dibudidayakan dengan metode patok dasar. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangan pemikiran untuk meningkatkan produktivitas dan mutu rumput laut K. alvarezii dan menjadi pertimbangan bagi pembudidaya rumpu laut K.alvarezii sehingga mampu meningkatkan produksi dan mendapatkan kualitas karaginan yang baik. Metode penelitian ini adalah metode ekperimental dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 3 kali ulangan dengan jarak tanam 10 cm, 15 cm, 20 cm, dan 25 cm yang dibudidayakan dengan metode patok dasar. Hasil penelitian ini adalah menemukan bahwa perbedaan jarak tanam memiliki efek berbeda pada tingkat pertumbuhan dan rendemen karaginan rata-rata setiap perlakuan Kappaphycus alvarezii selama 40 hari. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa jarak tanam memberikan pengaruh yang tinggi dapat memberikan pertumbuhan yang terbaik bagi Kappaphycus alvarezii, dimana jarak tanam 25 cm merupakan yang terbaik bagi pertumbuhan dan rendemen kareaginan Kappaphycus alvarezii. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah jarak tanam K. alvarezii memberikan adanya pengaruh yang berbeda nyata pada pertumbuhan dan rendemen karaginan rumput laut dengan metode patok dasar. Jarak tanam pada perlakuan P4 (25 cm) menghasilkan memberikan pertumbuhan berat mutlak 121,67 g, dan laju pertumbuhan spesifik 1,98%/hari memberi nilai rendemen karaginan sebesar 6,846%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Rumput Laut, Kappaphycus alvarezii, jarak tanam
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:09
Last Modified: 23 Jun 2022 00:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29418

Actions (login required)

View Item View Item