IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAMANAN PENERBANGAN BAGI PERSONEL AIRPORT SECURITY BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID

NURYANI, S (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAMANAN PENERBANGAN BAGI PERSONEL AIRPORT SECURITY BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID. Diploma thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
D3 PARIWISATA KONSENTRASI KEBANDARUDARAAN - NURYANI S - A0E019162.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keamanan penerbangan adalah suatu keadaan yang memberikan perlindungan kepada penerbangan dari tindakan melawan hukum melalui keterpaduan pemanfaatan sumber daya manusia, fasilitas, dan prosedur. Sumber daya manusia yang melakukan pengamanan bandar udara disebut Airport Security. Dalam menjalankan kewenangan dan kewajibannya Personel Airport Security harus mengikuti pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan sesuai dengan kompetensinya. Pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 28 Tahun 2021 Tentang Program Pendidikan dan Pelatihan Keamanan Penerbangan Nasional. Peraturan ini merupakan peraturan baru, sehingga pengimplementasiannya di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid masih dalam tahap penyesuaian. Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan bagi Personel Airport Security Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Penulisan karya tulis ilmiah ini menggunakan data yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang ada kemudian diolah untuk menjelaskan implementasi program pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan bagi Personel Airport Security di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, masih terdapat bagian dari program pendidikan dan pelatihan keamanan penerbangan bagi Personel Airport Security Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang belum diimplementasikan. Seperti pelatihan penyegaran yang belum dilaksanakan setahun sekali, belum ada Personel Pengevaluasi yang membantu perpanjangan lisensi personel pengamanan penerbangan. Beberapa hal yang sering menjadi kendala dalam pengimplementasian program pendidikan dan pelatihan bagi Personel Airport Security Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid adalah tingkat kepatuhan personel dalam hal pemenuhan berkas, keterbatasan jumlah penguji yang memiliki kewenangan, modul pembelajaran masih kurang update, kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan efisiensi biaya dan tidak bisa melaksanakan pendidikan dan pelatihan secara tatap muka, serta belum ada Personel Pengevaluasi yang membantu perpanjangan lisensi personel pengamanan penerbangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan, Pelatihan, Keamanan Penerbangan, Airport Security.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29436

Actions (login required)

View Item View Item