IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM TRADISI MANGAN MERANGKAT PADA PERKAWINAN ADAT SASAK (Studi Di Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah)

BAIQ, HERNAWATI (2022) IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM TRADISI MANGAN MERANGKAT PADA PERKAWINAN ADAT SASAK (Studi Di Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ HERNAWATI (E1B017009) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

BAIQ HERNAWATI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai Pancasila dalam tradisi mangan merangkat di Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pelaksanaan tradisi mangan merangkat terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Tahap persiapan terdiri dari mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam tradisi mangan merangkat dan pelaksanaan memasak. Tahap pelaksanaan terdiri dari berdoa terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan dengan makan bersama tetapi sebelum memulai makan bersama tetangga dan warga yang ikut meramaikan acara tidak boleh memulai aktifitas makan sebelum telur dipecahkan oleh calon pengantin perempuan. Tahap penutup dilakukan berdoa bersama sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas kedatangan calon pengantin perempuan kerumah orang tua atau keluarga calon pengantin laki-laki. Waktu pelaksanaan tradisi mangan merangkat pada malam hari setelah calon pengantin perempuan tiba dirumah orang tua atau keluarga calon pengantin laki-laki. Pihak yang terlibat dalam tradisi mangan merangkat adalah kadus, ketua RT, orang tua atau keluarga calon pengantin laki-laki, tetangga sekitar, teman-teman remaja calon pengantin laki-laki dan kedua calon pengantin juga ikut serta dalam tradisi mangan merangkat. (2) Implementasi nilai Pancasila dalam tradisi mangan merangkat adalah KeTuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Nilai Pancasila, Tradisi Mangan Merangkat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item