PERAN HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM MENGOPTIMALKAN KAMPANYE WAR ON DRUGS

SELIN, FEBYONA GARJENI (2022) PERAN HUMAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM MENGOPTIMALKAN KAMPANYE WAR ON DRUGS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Fix Selin Febyona Garjeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Humas Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam mengoptimalkan kampanye War on Drugs. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu purposive sampling Teknik analisis data penelitian ini menggunakan medel dari Miles dan Huberman (2014). Teknik uji keabsahan data yang digunakan yaitu dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kampanye War on Drugs, Humas BNNP NTB lebih menekankan perannya sebagai Communications Technician yang menggunakan berbagai media kehumasan sebagai sumber informasi serta menggelar press conference dan membuat press release dan sebagai Communications Facilitator melalui program Semeton CNS, LPG+, menggelar event dan menyediakan layanan call center 24 jam. Namun, Humas BNNP NTB juga tetap melakukan dua peran public relations lainnya yakni sebagai Expert Prescriber Communications yang memberi saran program Semeton CNS, BekeNN dan LPG+ sebagai solusi terkait Kampanye War on Drugs dan sebagai Problem Solving Process Facilitator yang membantu menyelesaikan persoalan BNNP NTB dengan menggelar event untuk mengubah citra BNNP NTB dan membantu penyebarluasan informasi melalui media online. Adapun Faktor pendukungnya yaitu bandwidht wifi yang tinggi, kamera dan komputer yang memadai serta tersedianya kendaraan kantor. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu Humas BNNP NTB tidak memiliki struktural tersendiri yang berdampak pada kurangnya anggaran dan kurangnya Sumber Daya Manusia pada bidang Humas BNNP NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Peran Humas, Kampanye War on Drugs, Badan Narkotika Naisonal Provinsi Nusa Tenggara Barat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:10
Last Modified: 23 Jun 2022 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29458

Actions (login required)

View Item View Item