HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 06 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

YUNIARTI, YUNIARTI (2022) HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN GUGUS 06 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUNIARTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas v di SDN Gugus 06 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas v di SDN gugus 06 mataram. Sebanyak 157 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik propability sampling dengan cara pengambilan sample yaitu sample random sampling, sehingga didapatkan sampelnya 110 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis product moment dari person dengan bantuan SPSS Versi 18. Maka hasil analisis data menunjukan bahwa diperoleh nilai r sebesar 3,198 artinya korelasi positif dan nilai signifikasi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara variable (x) dan (y), dimana pola asuh demokratis orang tua semakin baik/tinggi maka semakin tinggi pula tingkat kemandirian belajar siswa kelas v SDN gugus 06 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: pola asuh demokratis orang tua, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:11
Last Modified: 23 Jun 2022 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29514

Actions (login required)

View Item View Item