PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL COOPERATIVE TIPE THINK- TALK- WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

BAIQ, MELSANDY ICHTIARI (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL COOPERATIVE TIPE THINK- TALK- WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BQ MEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model cooperative tipe think talk write dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan instrumen tes penguasaan konsep. Validitas produk dianalisis dengan skala likert dan reliabilitas dengan persamaan Borich. Selanjutnya efektivitas diperoleh dari uji coba terbatas untuk mendapatkan nilai uji N-Gain. Hasil penilaian untuk perangkat berupa RPP, bahan ajar dan LKPD berada pada kategori valid. Selanjutnya perangkat berupa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep berada pada kategori sangat valid. Reliabilitas RPP, bahan ajar, LKPD, kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep diatas 75% menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki kategori reliabel. Nilai N-gain untuk kemampuan berpikir kreatif dan N-Gain penguasaan konsep berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dari segi isi dan konstruksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Cooperative tipe Think Talk Write, Kemampuan Berpikir Kreatif, Penguasaan Konsep.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 00:12
Last Modified: 23 Jun 2022 00:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item