Junaidi, Sagir (2021) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Memilih Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, 10 (4). pp. 259-272. ISSN ISSN : 2621-7902 eISSN : 2548-3919
|
Text
JMM Vol 10 No 4, Nopember 2021.pdf Download (794kB) | Preview |
Abstract
Persaingan diantara perguruan tinggi dalam mendapatkan calon mahasiswa yang diinginkan sangatlah ketat, situasi seperti ini memaksa para pengelola melakukan berbagai langkah dan strategi dalam memenangkannya. Pengembangan strategi yang baik tidak terlepas dari tersedianya data yang akurat dan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang akurat tentang berbagai faktor yang menjadi pertimbangan mahasiswa mengambil keputusan dalam memilih perguruan tinggi untuk tempat melanjutkan studinya. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa baru jenjang S1 angkatan tahun 2020 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, dengan 100 orang responden yang diambil secara proporsional. Ada 10 variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: kelompok acuan, keluarga, kelas sosial, lokasi kampus, citra program studi/fakultas, kesempatan kerja, fasilitas pendidikan, biaya pendidikan, status akreditasi dan promosi/komunikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 10 variabel yang diteliti sebelumnya berubah menjadi 2 variabel baru yaitu : atribut kampus dan interaksi sosial yang mampu menjelaskan sampai 70,2% dari keseluruhan variabel yang diteliti
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Analisis Faktor, Atribut kampus dan Interaksi sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | Drs. H. Junaidi Sagir MBA |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:22 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:22 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29557 |
Actions (login required)
View Item |