KEMAMPUAN PETERNAK MENDETEKSI BIRAHI TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

LIA, AFRILIANI (2022) KEMAMPUAN PETERNAK MENDETEKSI BIRAHI TERHADAP KEBERHASILAN INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN PRINGGARATA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi lia aprilia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deteksi birahi, pelaporan peternak, kedatangan inseminator, waktu terdeteksi dan IB terhadap keberhasilan inseminasi buatan. Metode penelitian menggunakan metode survey. Data dianalisis secara deskriptif terhadap keberhasilan IB meliputi jumlah anak sapi dari sapi betina produktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan IB berdasarkan deteksi birahi dengan kriteria tahu tanda birahi, menyediakan waktu serta tahu dan ada waktu 67%, 79% dan 89% berturut-turut. Pelaporan peternak segera (0-3 jam), lambat (3,5-6 jam) dan telat (6,5-10 jam) jumlah pedet hasil IB 90%, 83% dan 67% berturut-turut. Kedatangan inseminator kurang dari 6 jam, antara 7-9 jam dan lebih dari 10 jam jumlah pedet 100%, 81 % dan 83% berturut�turut. Waktu terdeteksi birahi pagi, sore dan malam setelah di IB menghasilkan pedet 80%, 80% dan 87% berturut-turut. Waktu IB pagi, siang, sore dan malam menghasilkan pedet 86%, 78%, 84% dan 86% berturut-turut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jumlah pedet hasil IB yang tinggi dihasilkan dari peternak yang tahu dan ada waktu untuk mendeteksi birahi, segera melapor kepada inseminator dan inseminator segera datang untuk melakukan IB serta menghasilkan pedet yang banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Deteksi, pelaporan, inseminator, birahi, inseminasi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:03
Last Modified: 04 Jul 2022 03:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item View Item