PENGELOLAAN REMITANSI OLEH KELUARGA PEKERJA MIGRAN INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SURALAGA, LOMBOK TIMUR

LINA, FEBRIANI (2022) PENGELOLAAN REMITANSI OLEH KELUARGA PEKERJA MIGRAN INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KECAMATAN SURALAGA, LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINA FEBRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Remitansi menjadi salah satu unsur yang tidak dapat dipisahkan dari Pekerja Migran Indonesia (PMI). Remitansi merupakan kiriman uang yang dilakukan oleh PMI dari negara tempat bekerja ke negara asal. Remitansi membawa berbagai manfaat baik bagi keluarga pekerja migran maupun daerah asal migran. Namun, pandemi Covid-19 telah berdampak pada pengurangan jumlah dan perubahan frekuensi pengiriman oleh pekerja migran kepada keluarga di Kecamatan Suralaga. Penelitian ini ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengelolaan remitansi oleh keluarga pekerja migran pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan keluarga pekerja migran di Suralaga umumnya memanfaatkan remitansi untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, membayar hutang, membeli tanah atau sawah, membangun atau merenovasi rumah, biaya pendidikan anak, serta beternak. Namun, akibat menurunnya jumlah dan berubahnya frekuensi pengiriman selama masa pandemi, pengelolaan remitansi oleh keluarga pekerja migran hanya diprioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari, membayar hutang dan biaya pendidikan anak.. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan (Oktober-Maret 2022) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi-partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 15 orang yang terdiri dari aparatur desa, tokoh masyarakat, anggota keluarga PMI, mantan PMI dan masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keywords: Pengelolaan, Remitansi, pekerja migran Indonesia (PMI), Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:12
Last Modified: 06 Jul 2022 05:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29713

Actions (login required)

View Item View Item