DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL�EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

EGA, ERLINA (2022) DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL�EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI KECAMATAN SURALAGA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PDFSKRIPSI EGA ERLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak sosial-ekonomi pekerja migran Indonesia akibat covid-19. Akibat pandemi covid-19, kondisi sosial masyarakat Suralaga sangat memprihatinkan, semua kegiatan diberhentikan agar tidak ada penyebaran Covid-19. Keberlangsungan ekonomi keluarga migran yang bergantung pada pengiriman remitansi saat ini sangat rentan, khususnya migran yang memenuhi kebutuhan keluarganya. Kondisi ini diperparah ketika pekerja migran memiliki jumlah tanggungan yang banyak dan memperburuk situasi keuangan rumah tangga. Pada saat yang bersamaan, keluarga pekerja migran Indonesia tidak maksimal dalam mengelola keuangan pada hal-hal yang bersifat produktif. Melihat kondisi sosial-ekonomi pekerja migran tersebut maka penelitian ini juga berupaya untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap kehidupan sosial-ekonomi masyarakat di Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data melalui observasi-partisipasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengambilan data di lapangan. Terdapat 10 informan yang terdiri dari pekerja migran, Pemerintah Desa, dan keluarga PMI. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 membawa dampak terhadap kehidupan sosial dimana adanya stigma dan diskriminasi, tidak dapat berlangsungnya kegiatan keagamaan, dan pandemi Covid-19 juga menyerang kesehatan mental para PMI, Dampak terhadap kehidupan ekonomi dimana para PMI di PHK dan dipulangkan hal tersebut menimbulkan banyaknya pengangguran di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : pekerja migran, sosial-ekonomi, pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:57
Last Modified: 06 Jul 2022 06:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29727

Actions (login required)

View Item View Item