EKSPLORASI KUALITATIF EFEKTIVITAS DIRECT MARKETING MADU TRIGONA DI DUSUN MONTONG SINGGAN, DESA SALUT, KECAMATAN KAYANGAN, LOMBOK UTARA

Didik, Rispan Haerul Anam (2022) EKSPLORASI KUALITATIF EFEKTIVITAS DIRECT MARKETING MADU TRIGONA DI DUSUN MONTONG SINGGAN, DESA SALUT, KECAMATAN KAYANGAN, LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Didik Rispan Haerul Anam_L1B018032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Eksplorasi Kualitatif Efektivitas Direct Marketing Madu Trigona di Dusun Montong Singgan, Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh kelompok pembudidaya lebah madu trigona Dusun Montong Singgan yaitu kelompok Harapan Keluarga khususnya konsep pemasaran langsung (direct marketing). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam mengumpukan data peneliti menggunakan teknik wawancara, focus group discussion (FGD), dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anggota kelompok Harapan Keluarga sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah direct marketing atau pemasaran langsung menurut Kotler dan Armstrong dalam Sutrisno (2017:29). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu : data collection, data reduction, data display, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat lima aktivitas pemasaran langsung (direct marketing) yang diterapkan secara aktif oleh kelompok Harapan Keluarga yaitu pemasaran katalog, saluran online, pemasaran kios, telemarketing, dan penjualan temu muka, sedangkan terdapat bentuk pemasaran langsung yang kurang diterapkan oleh Harapan Keluarga yaitu direct-mail marketing, media televisi tanggap langsung yang tidak diterapkan sama sekali dan tergolong tidak efektif karena target pasar mereka yaitu masyarakat rural. Sekalipun demikian, kelompok pembudidaya madu trigona Harapan Keluarga mampu bertahan dari pesaing dan mengelola fenomena bisnis sesuai perkembangan zaman. Akan tetapi kelompok harus lebih peka menghadapi era digitalisasi ini dan menggunakan teknologi secara lebih masif seperti sosial media dan e-commerce lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: direct marketing, Harapan Keluarga, madu trigona
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 07 Jul 2022 05:31
Last Modified: 07 Jul 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29752

Actions (login required)

View Item View Item