UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN TEH HERBAL TERSTANDARD SIMPLISIA BUNGA GEMITIR (Tagetes erecta Linn.)

KADAR, RIANSYAH (2022) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN TEH HERBAL TERSTANDARD SIMPLISIA BUNGA GEMITIR (Tagetes erecta Linn.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KADAR RIANSYAH (K1A018043).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Secara empiris, bunga gemitir (Tagetes erecta Linn.) telah dimanfaatkan secara turun temurun sebagai salah satu alternatif untuk mengobati batuk rejan dan obat sakit mata. Bunga gemitir merupakan tanaman yang berpotensi sebagai antioksidan karena mengandung metabolit sekunder golongan fenolik, flavonoid, dan alkaloid yang telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan. Sebagai suatu sediaan farmasi, tanaman obat harus terjamin kualitas dan keamanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian mutu simplisia bunga gemitir dengan cara standardisasi berdasarkan Farmakope Herbal Indonesia edisi II dan Materia Medika Indonesia dan mengetahui potensi antioksidan teh herbal terstandard bunga gemitir. Tahapan penelitian ini adalah standardisasi simplisia bunga gemitir berdasarkan parameter spesifik dan nonspesifik, dilanjutkan dengan pembuatan teh herbal terstandard bunga gemitir. Uji aktivitas antioksidan dilakukan pada sediaan teh dengan menggunakan meode DPPH. Hasil penelitian menunjukkan simplisia bunga gemitir memenuhi seluruh standard parameter spesifik dan nonspesifik standardisasi dengan nilai kadar abu sebesar 3,47%, kadar abu tidak larut asam sebesar 0,11%, kadar sari larut air sebesar 24,86%, kadar sari larut etanol sebesar 21,67%, kadar susut pengeringan sebesar 9,33% kadar air sebesar 9,23% dan bahan organik asing sebesar 0,3%. Teh herbal terstandard simplisia bunga gemitir mampu menghambat 50% radikal bebas DPPH pada volume 33,53 µL. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan empiris teh herbal terstandard bunga gemitir potensial sebagai antioksidan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Bunga gemitir (Tagetes erecta Linn.), standardisasi, antioksidan, teh herbal terstandard
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2022 23:34
Last Modified: 12 Jul 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29777

Actions (login required)

View Item View Item