PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA AKSEPTOR DI KAMPUNG KB KARANG BARU SELATAN, MATARAM

Srife, Rizky Ainun Hayati (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA AKSEPTOR DI KAMPUNG KB KARANG BARU SELATAN, MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Saya_merged.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam peningkatkan kesejahteraan masyarakat diperlukan adanya pembangunan masyarakat dalam bidang ekonomi, salah satunya yaitu melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Akseptor (UPPKA) yang merupakan salah satu program yang ada di kampung KB Karang Baru Selatan. Lingkungan ini menjadi salah satu Kampung KB, dan memiliki kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor. Untuk mendukung keberhasilan program tersebut maka diperlukan partisipasi masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan yang ada dalam program. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor di Kampung KB Karang Baru Selatan, Mataram, serta faktor pendorong dan penghambat partisipasi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan pendekatan versetehen dari Max Weber. Jenis data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menentukan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi masyarakat dalam kelompok UPPKA di Kampung KB Karang Baru Selatan meliputi: pertama partisipasi dalam perencanaan, partisipasi ini dilihat dari pembentukan kelompok UPPKA bahwa dibentuk berdasarkan syarat-syarat tertentu dan kesepakatan bersama, kedua partisipasi dalam pelaksanaan, partisipasi ini dilihat dari terbentuknya kepengurusan dan kegiatan yang dilaksanakan kelompok UPPKA seperti melakukan produksi, penjualan produk, serta pemakaian produk, selain itu kegiatan yang dilakukan dan penting disini adalah penyuluhan, pembinaan, serta pelatihan dari pemerintah untuk kelompok, dapat dilihat dari pelaksanaan bahwa partisipasi masyarakat kurang maksimal karena hanya sedikit dari akseptor yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kelompok, dan terakhir partisipasi dalam evaluasi, partisipasi ini dilihat dari cara kelompok memecahkan segala masalah yang ada dalam pelaksanaan kegiatan yaitu dengan diskusi bersama anggota terkait masalah yang dihadapi, (2) Faktor penghambat partisipasi masyarakat ada 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari dalam diri kelompok seperti pertama karena kurangnya informasi, kedua modal dan alat produksi yang kurang, ketiga tenaga kerja yang kurang kemauan dalam mengembangkan usaha mereka. Sedangkan faktor eksternal yaitu kondisi lingkungan dan dukungan pemerintah, dalam pandemik menyebabkan terhambatnya segala kegiatan penyuluhan, pembinaan, dan pelatihan untuk kelompok UPPKA dan dukungan pemerintah, (3) Faktor pendorong partisipasi masyarakat dalam kelompok UPPKA yaitu karena adanya keinginan untuk mengembangkan usaha yang sudah ada dan untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: UPPKA, Partisipasi Masyarakat, Kampung KB, Karang Baru Selatan, Mataram
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Jul 2022 23:34
Last Modified: 12 Jul 2022 23:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29781

Actions (login required)

View Item View Item