STRATEGI ADAPTASI NELAYAN MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM PADA MASA PANDEMI (Studi Kasus Nelayan Tradisional Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara)

MITA, GIANA PUTRI (2022) STRATEGI ADAPTASI NELAYAN MENGHADAPI PERUBAHAN IKLIM PADA MASA PANDEMI (Studi Kasus Nelayan Tradisional Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi MIta Giana Putri (Srategi Adaptasi Nelayan Menghadapi Perubahan Iklim Pada Masa Pandemi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian berjudul “Strategi Adaptasi Nelayan Menghadapi Perubahan Iklim Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Nelayan Tradisional Desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara)”. Desa Tanjung merupakan dataran rendah memiliki potensi sumber daya yang cukup signifikan dalam menunjang perekonomian masyarakat, terutama dibidang pertanian, dagang, wirausaha, dan profesi lainnya, selain itu terdapat juga masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, terutama yang bermukim di pesisir pantai atau sebelah utara dari Desa Tanjung. Penelitian ini bertujuan menemukan dan mengidentifikasi strategi adaptasi nelayan tradisional menghadapi perubahan iklim pada masa pandemi di Desa Tanjung serta menganalisis apa motif nelayan melakukan strategi adaptasi tersebut. Penelitian ini menggunakan dua teori diantaranya terdapat teori strategi bertahan (coping strategy) oleh Edi Suharto dan teori fenomenologi oleh Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara terbuka serta mendalam, observasi lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi adaptasi nelayan dalam menghadapi perubahan iklim pada masa pandemi dibagi menjadi 4 strategi yaitu: (1) Strategi Aktif (nelayan melakukan pekerjaan sampingan yaitu menjadi petani, kuli bangunan dan peternak sapi), (2) Strategi pasif (nelayan tetap pergi melaut dan hidup hemat), (3) Strategi jaringan (nelayan melakukan hutang piutang), (4) strategi adaptasi pada teknologi perikanan (mempersingkat durasi melaut, pemanfaatan mesin tempel dan perubahan lokasi penangkapan ikan. Sedangkan motif nelayan dalam melakukan strategi adaptasi dalam menghadapi perubahan iklim pada masa pandemi dibagi menjadi dua motif, yaitu motif sebab (because of motive) dan motif tujuan (in order to motive). berikut motif nelayan berdasarkan strategi adaptasi: (1) Strategi aktif (melakukan pekerjaan sampingan) terdapat sebab, perubahan iklim yang membuat nelayan tidak bisa pergi melaut sedangkan tujuan, supaya nelayan tetap memiliki penghasilan (2) Strategi pasif (hidup hemat) terdapat sebab, tidak memiliki pekerjaan lain sehingga hanya mengandalkan uang tabungan sedangkan tujuan,terpenuhinya kebutuhan primer. (3) strategi jaringan (hutang piutang) sebab, tidak memiliki pemasukan dan uang tabungan tidak memadai sedangkan tujuan, untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya penting dan mendadak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Strategi Adaptasi Nelayan, Motif, Cuaca Daerah Pesisir, covid-19.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 13 Jul 2022 23:51
Last Modified: 13 Jul 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29809

Actions (login required)

View Item View Item