PERJUANGAN PEREMPUAN KEPALA KELUARGA DALAM MENGHADAPI STIGMA SOSIAL DAN PEMENUHAN PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS PEREMPUAN PENJUAL IKAN BAKAR DI KELURAHAN TANJUNG KARANG KOTA MATARAM)

DWI, KURNIAWATI (2022) PERJUANGAN PEREMPUAN KEPALA KELUARGA DALAM MENGHADAPI STIGMA SOSIAL DAN PEMENUHAN PEREKONOMIAN KELUARGA (STUDI KASUS PEREMPUAN PENJUAL IKAN BAKAR DI KELURAHAN TANJUNG KARANG KOTA MATARAM). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi Dwi Kurniawati_L1C018024_perempuan kepala keluarga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perempuan kepala keluarga dihadapkan pada stigma sosial, dan di sisi lain tuntutan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya perempuan kepala keluarga dalam menghadapi stigma sosial, dan untuk mengetahui bentuk daya juang perempuan kepala keluarga dalam menghadapi perekonomian keluarga di Kelurahan Tanjung Karang, Kota Mataram. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus eksploratori. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah individu yaitu perempuan kepala keluarga dalam menghadapi stigma sosial dan perekonomian keluarga di Kelurahan Tanjung Karang Kota Mataram, dianalisis menggunakan pemikiran Froma Walsh, Ibnu Khaldun, dan James C. Scott. Perempuan kepala keluarga menghadapi stigma sosial berupa: Penilaian atau anggapan lingkungan sekitar mereka, yang menganggap mereka menor jika berhias, dianggap perempuan penggoda untuk menarik perhatian pembeli, dianggap perebut suami orang bagi yang menyandang status poligami, dan sering dibicarakan tentang kejelekan rumah tangga mereka. Upaya yang dilakukan perempuan kepala keluarga dalam menghadapi stigma sosial : Menggunakan sub dimensi keyakinan bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya, sub dimensi pola organisasi dengan keluarga, dan sub dimensi proses komunikasi agar lingkungan menerima dengan baik. Perempuan kepala keluarga dalam pemenuhan perekonomian keluarga dengan menjalankan usaha sebagai penjual ikan bakar setiap harinya. Upaya yang dilakukan: menggunakan sudut tenaga untuk melakukan usaha dan sudut kegunaan untuk dimanfaatkan pada kebutuhan keluarga, selain itu dengan menggunakan upaya realita atau jaringan sosial untuk mempermudah prsoses keberlangsungan usaha, menggunakan alternatif subsistensi degan melakukan usaha kecil-kecilan sebagai pedagang ikan bakar, dan mengurangi pengeluaran untuk pangan agar pengeluaran terkontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perempuan Kepala Keluarga, Stigma Sosial, Ekonomi Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jul 2022 23:54
Last Modified: 17 Jul 2022 23:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29858

Actions (login required)

View Item View Item