PERSENTASE KARKAS DAN KULIT SEGAR SAPI BALI JANTAN YANG DIBERIKAN PAKAN KULIT NANAS TERFERMENTASI

ZULFIKARULlAH, ZULFIKARULlAH (2022) PERSENTASE KARKAS DAN KULIT SEGAR SAPI BALI JANTAN YANG DIBERIKAN PAKAN KULIT NANAS TERFERMENTASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Zulfikarullah_B1D018312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase karkas dan kulit sapi Bali jantan yang diberikan pakan kulit nanas yang di fermentasi dengan beberapa bahan. Penelitian ini dilaksanakan diTeaching Farm Fakuktas Peternakan Universitas Mataram pada bulan September sampai bulan November 2021 untuk penggemukan dan pemotongan di Rumah Potong hewan Majeluk dengan pembagian waktu satu minggu pra penelitian dan dua bulan penggemukan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 4 ulangan sehingga diperoleh 12 unit percobaan. Sapi Bali Jantan yang digunakan dengan bobot awal 168,45±11,95 kg. Perlakuan yang diberikan adalah T0 (Tampa kulit nanas fermentasi), T1 (Fermentasi ragi tape), T2 (Fermentasi Bakteri Asam Laktat). Parameter yang diteliti adalah bobot potong, Persentase karkas, Panjang karkas, Luas area mata rusuk dan persentase kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fermentasi kulit nanas menggunakan Bakteri Asam Laktat dapat diberikan sebagai pakan alternatif pada Sapi Bali jantan karena dapat meningkatkan bobot potong, panjang karkas, persentase kulit dan persentase karkas yang tidak terlalu jauh berbeda dengan fermentasi menggunakan ragi tape.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kulit nanas fermentasi, Bakteri Asam Laktat, Ragi tape, persentase karkas, Sapi Bali jantan.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 00:55
Last Modified: 19 Jul 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29884

Actions (login required)

View Item View Item