EFEKTIVITAS EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale Rosc) PADA IKAN LELE (Clarias gariepinus) YANG DIINFEKSI Aeromonas hydrophilla

NURIKA, ALAWYAH RIZTAWATI (2022) EFEKTIVITAS EKSTRAK JAHE (Zingiber officinale Rosc) PADA IKAN LELE (Clarias gariepinus) YANG DIINFEKSI Aeromonas hydrophilla. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURIKA FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang efektivitas ekstrak jahe (Zingiber officinale Rosc.) terhadap ikan lele (Clarias gariepinus) yang dinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila bertujuan untuk menganalisa efektifitas antibakteri ekstrak jahe terhadap ikan lele yang diinjeksi bakteri A. Hydrophilla dan untuk menganalisa dosis optimum penggunaan ekstrak jahe sebagai immunostimulan dalam pengendalian infeksi bakteri A. hydrophilla. Penelitian ini dilaksanakan pada 26 Januari 2021 sampai 26 Februari 2021 selama 30 hari dan bertempat di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian, Laboratorium Fakultas MIPA dan Laboratorium Basah Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Adapun perlakuannya yaitu P1 (Kontrol), P2 (dosis ekstrak 30 ppm), P3 (dosis ekstrak 60 ppm) dan P4 (dosis ekstrak 90 ppm). Dosis ekstrak jahe 90 ppm (P4) merupakan dosis optimum pada hasil penelitian ini karena dapat memberikan hasil yang terbaik pada semua parameter yang diukur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Aeromonas hydrophila, Ekstrak Jahe, Lele
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:36
Last Modified: 19 Jul 2022 03:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29899

Actions (login required)

View Item View Item