PENERAPAN METODE SISWA MEMFASILITASI DAN MENJELASKAN (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SETIAWATI, IKA (2017) PENERAPAN METODE SISWA MEMFASILITASI DAN MENJELASKAN (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 21 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa masalah seperti: Siswa sering tidak fokus memperhatikan penjelasan guru ketika mengajar, siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas, siswa kurang percaya diri untuk bertanya kepada guru ketika ada materi yang tidak dimengerti, siswa kurang menguasai materi yang diberikan oleh guru sehingga menyebabkan pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan guru rendah, dan proses pembelajaran kurang menarik perhatian siswa karena guru belum menggunakan metode yang dapat menunjang proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi kurang optimal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri atas dua siklus. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penerapan Metode Siswa Memfasilitasi Dan Menjelaskan (Student Facilitator And Explaining). Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah “Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui penerapan Metode Siswa Memfasilitasi dan Menjelaskan (Student Facilitator and Explaining) Pada Siswa Kelas IV SDN 21 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018”. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa secara klasikal 78% dengan nilai rata-rata kelas 75. Hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh total skor 12,66 dengan persentase 63% berkategori kurang aktif. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 89% dengan nilai rata-rata kelas 85. Hasil observasi aktivitas belajar siswa diperoleh total skor 15,99 dengan persentase 79% berkategori sangat aktif. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan yang ingin dicapai yakni 85% siswa mendapat nilai minimal 70 pada tes evaluasi dan aktivitas siswa sudah mencapai indikator yang diharapkan sudah terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Siswa Memfasilitasi dan Menjelaskan (Student Facilitator and Explaining) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 21 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Siswa Memfasilitasi dan Menjelaskan (Student Facilitator And Explaining), dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:00
Last Modified: 24 Apr 2018 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2993

Actions (login required)

View Item View Item