PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 1 MIDANG GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN

HADAYANA, IRHAMDAYANTI (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SDN 1 MIDANG GUNUNGSARI LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (FIX) IRHAMDAYANTI HADAYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas III SDN 1 Midang, serta mengenai penerapan metode ceramah berpusat pada guru, sehingga pembelajaran terkesan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh penggunaan metode Picture and Picture terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas III SDN 1 Midang. Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi, karena seluruh siswa kelas III SDN 1 Midang menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yaitu pada tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 63,86 dan kelas kontrol sebesar 70,60. Setelah diberi perlakuan, yatu tes akhir (post-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,63 dan kelas kontrol sebesar 70,40. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 2,759 sedangkan ttabel sebesar 2,030, karena

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Picture and Picture, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 24 Apr 2018 01:57
Last Modified: 24 Apr 2018 01:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item