KAJIAN YURIDIS TERHADAP KERJASAMA ASURANSI KESEHATAN KOMERSIAL DENGAN BPJS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI (Studi di RSUD Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur)

BAIQ, RIFFANI PRIWITHA (2022) KAJIAN YURIDIS TERHADAP KERJASAMA ASURANSI KESEHATAN KOMERSIAL DENGAN BPJS KESEHATAN DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI MASA PANDEMI (Studi di RSUD Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ RIFFANI PRIWITHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kerjasama asuransi kesehatan komersial dengan BPJS Kesehatan dalam pelayanan kesehatan masyarakat di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah normatif empiris dengan Metode Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan undang�undang (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pengaturan sistem kerja sama antara Asuransi Kesehatan Komersial dengan BPJS Kesehatan telah mengalami beberapa perubahan, yang dimana saat ini aturan mengenai kerja sama kedua lembaga telah memiliki aturan yang lebih kuat dan jelas yakni diantaranya ketentuan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Teknis Penjaminan Pelayanan Kesehatan dengan Asuransi Kesehatan Tambahan Dalam Program Jaminan Kesehatan. 2. Bentuk pelayanan kesehatan dimasa pandemi oleh Asuransi Kesehatan Komersial dan BPJS Kesehatan di RSUD Soedjono Selong, mengalami beberapa peningkatan dibandingkan dimasa sebelum pandemi dimana saat ini pemberian pelayanan lebih diperketat baik dari segi aturan maupun pelaksanaan pemberian pelayanannya. 3. Tanggung jawab masing-masing lembaga berbeda tergantung dari fungsi lembaga tersebut, yakni Asuransi Kesehatan Komersial sebagai pembayar tambahan, BPJS Kesehatan sebagai pembayar utama, dan rumah sakit sebagai penyedia jasa pemberian pelayanan atas klaim peserta asuransi kerja sama CoB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kerjasama, Asuransi Kesehatan Komersial, BPJS Kesehata
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:55
Last Modified: 21 Jul 2022 01:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/29940

Actions (login required)

View Item View Item